Kamis, 28 Maret 2024

Toilet Bandara Sepinggan Bukan sekadar Toilet, 3 Dimensi Euy….

Berita Terkait

sumber: bkvchannel.com

Toilet Bandara Sepinggan, Kalimantan Timur luar biasa. Foto yang dipajang tak kalah indah dari destinasi wisata bahari kelas dunia. Kreasinya pun langsung ngehits di dunia maya dan dibicarakan secara nasional. 3 DImensi pula !

Bicara soal toilet, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga sering menjadi sasaran “omelan” publik. Gara-gara banyak destinasi wisata yang tidak dilengkapi toilet yang bersih, kering, wangi, dan tidak membuat orang harus menahan ke belakang karena tidak tega berada di kamar kecil.

“Ini penting sekali! Semua orang langsung mengalamatkan problem toilet ini ke Kemenpar, karena berada di destinasi wisata. Karena itu, tolong bersih saja tidak cukup, harus wangi, kering, sehat, estetik dan fungsional,” kata Arief Yahya.

Sampai-sampai Arief Yahya pernah meminta agar program homestay itu, salah satunya diarahkan untuk membangun toilet bersih. Dia menghitung, dengan membayar Rp 2000, pengelola toilet umum bisa melakukan perawatan dengan baik dan bisa mencicil ke bank dengan lancar juga.

“Syaratnya harus dikelola dengan semangat corporation. Jangan diserahkan kepada Pemda untuk mengelola dan merawatnya, sudah pasti ujung-ujungnya tidak terawat juga,” kata Menpar Arief.

Soal toilet unik ini, banyak contoh di dunia yang aneh-aneh. Di Vienna Austria misalnya, ada toilet umum di stasiun kereta, yang didesain musik klasik piano. Pengunjung bisa di dalam toilet sambil menikmati alunan musik klasik.

“Di Bandara Balikpapan juga bagus, menjadi viral,” ucap Menteri Arief Yahya yang memposting link news nya toilet bandara yang keren itu.

Menteri Arief Yahya ikut memberi emoji empat jempol dengan kreasi tadi. “Ramai di medsos itu bisa menjadi indikator, bahwa kreasi ini sangat disuka masyarakat,” ucap Mantan Dirut PT Telkom ini.

Dari fasilitas unik yang ada di Bandara yang dikelola AP I itu, Menpar Arief Yahya berharap akan ada perubahan yang signifikan dari pergerakan wisman tahun ini.

“Kami akan meng-attract 100 juta penumpang tahun ini. Sebanyak 80% nya domestik dan 20%-nya itu wisman. Maka jagalah kebersihan dan wibawa bandara kita di daerah manapun,” katanya

“Ini unik banget. Betul-betul keren. Langsung jadi perbincangan netizen loh. Kalau tampilan visualnya keren seperti itu, semua pasti betah berlama-lama di toilet,” tutur Koordinator Gengerasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa Siti Chotijah, Selasa (16/5).

Tampilan visual toilet Bandara Sepinggan memang menggelitik. Toilet yang umumnya kumuh, bau, tak menarik, disulap menjadi toilet super bersih berasitektur kekinian. Visualnya pun 3 dimensi.

“Silahkan cek. Pasti Anda bakal betah berlama-lama di situ,” tambah Jhe, sapaan Chotijah.

Motif lantainya, ada yang dilukis dengan air laut yang sangat jernih. Coral dan ikan warna warni ikut dipampang di sana. Dindingnya, dihias lukisan pohon kelapa. Awan putih dan birunya langit juga ikut diperlihatkan. Semua pengguna toilet seakan diajak menerawang ke destinasi wisata yang superkeren dan terasa tampak nyata.

“Apalagi wastafelnya bergaya modern. Urinoirnya juga bersih. Klosetnya juga tak beda jauh dengan hotel bintang 5. Tidak berbau dan nyaman digunakan. Saya sangat terkesan,” ungkap Jhe.

Kreasi itu memang sengaja dimunculkan PT. Angkasa Pura I selaku pengelola. Misi yang dibidik, membuat siapapun pengunjung Bandara Sepinggan terpana. Semua dibuat terkesima. “Messege-nya memang seperti itu. Kami ingin membuat pengunjung dan pengguna bandara betah berlama-lama,” ucap Corporate Secretary AP I Israwadi.

Lantaran keunikannya, semua yang pernah masuk toilet Bandara Sepinggan hampir bisa dipastikan akan mengabadikan berbagai momen swafoto dan foto bareng. Foto-fotonya langsung diviralkan ke dunia maya. Sepinggan pun makin nge-hits. Makin ngetop lantaran netizen tak henti-hentinya memuji kreasi unik dan tak biasa ini.

Bahkan tak hanya toiletnya saja yang disulap menjadi sangat oke. Di bawah Skylight. Juga ikut disisipkan sticker 3D yang unik.

“Penumpang yang lewat sana pasti wajib berselfie biar nggak rugi,” tutur Israwadi. (*)

Update