Dinkes Pemko Batam Bentuk Tim Khusus Pantau Jajanan Selama Ramadan

205
ilustrasi

batampos.co.id – Menyambut bulan suci ramadan yang tinggal menghitung hari, Dinas Kesehatan Kota Batam akan membentuk tim khusus untuk mengawasi makanan, terutama menut berbuka puasa atau takjil.

“Saat bulan ramadan konsumsi masyarakat meningkat, kami wanti-wanti makananan yang dikonsusmsi tetap sehat dan bebas bahan berbahaya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Kamis (18/5).

Tidak dipungkiri saat berbuka banyak warga yang membeli makanan ataupun minuman yang manis, jika pedagang menggunakana bahan berbahaya atau pemanis, pewarna yang buatan yang dan berlebihan tentu akan membahayakan konsumennya.

“Atau mungkin ada yang menambahkan pengawet, demi mendapatkan untung yang banyak,” sebut Didi.

Tim nanti akan turun ke lapangan untuk mengambil sampel beberapa jenis makananan yang dinilai diminati banyak warga. Selain itu, pihaknya juga meminta kepada puskesmas untuk turut turun membantu mengawasi makanan saat ramadan nanti.

“Nanti kami akan berkoordinasi juga dengan instansi lain seperti MUI, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), serta Disperindag untuk memastikan jajanan itu aman,” ungkapnya.

Sidak makanan ini akan difokuskan di pasar- pasar, stan bazar ramadan, restoran, hingga perhotelan. “Hotel kami sudah rutin turun, namun momen ramadan ini pelaku hotel juga membuka menu buka puasa, jadi akan ikut dikunjungi saat bulan puasa nanti,” terang Didi. (cr17)

Respon Anda?

komentar