Pesimis BPHTB Capai Target

batampos.co.id – Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Batam Raja Azmansyah menilai target 50 persen perolehan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)  pada triwulan II tercapai. Untuk diketahui, target BPHTB tahun 2017 ini yakni Rp 342 miliar.

“Normalnya triwulan kedua harus 50 persen. Tapi agak berat kalau melihat keadaan ini, kendalanya masih sama seperti sebelumnya, terkait IPH terhambat di BP Batam,” sebut Azman.

Ia khawatir, jika target IPH tidak tercapai akan berpengaruh ke pendapatan daerah. Alhasil, kecilnya pendapatan akan berpengaruh pada pembangunan Kota Batam kelak. Apalagi, BPHTB merupaka sektor andalan mendongkrak pendapatan asli daerah.

“Ini yang kita khawatirkan,” ucapnya.

Walau demikian, dia meyakini BP Batam juga tidak tinggal diam dengan keadaan ini. Menurutnya, dibanding awal tahun pendapatan dari sektor ini sangat minim, kini triwulan kedua keadaan cenderung membaik walau tak signifikan. “Pendapatan BPHTB kita sekarang Rp 59 miliar. walau masih kecil, yang perlu kita hargai usaha menuju perbaikan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam Jefridin mengatakan ancaman pendapatan daerah yang minim sudah pasti akan menganggu proses pembangunan. Untuk itu dia berharap hal ini tidak terus berlarut, apalagi Batam kini tengah gencar membangun.

“Tentu akan menghambat pembangunan kita. Misalkan satu sisi kita sudah lelang sisi lain duit tak cukup, tidak jadi pembangunan,” ucap dia, belum lama ini. (cr13)

Respon Anda?

komentar