Rabu, 24 April 2024

Toapaya Jadi Percontohan Khusus

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi menginginkan sektor pertanian di Kecamatan Toapaya, harus menjadi percontohan khusus. Memusatkan satu jenis hasil pertanian yang akan dibesarkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bintan.

“Saya menginginkan harus ada langkah ke depan untuk merumuskan bersama apa hasil pertanian yang bisa dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi besar. Sehingga bisa memberikan hasil secara menyeluruh untuk kesejahteraan petani di Bintan,” jelas Apri, usai menggelar kegiatan Anjangsana dengan para petani di Kecamatan Toapaya, Jumat (19/5).

Apri mengatakan selama ini kondisi petani di Kecamatan Toapaya, umumnya masih berjalan masing-masing. Sehingga tidak ada sesuatu dari hasil pertanian yang bisa digaungkan secara besar.

“Konsep ini yang akan kami rubah kedepannya, agar semua petani bisa fokus bersama untuk menentukan apa yang bisa dikembangkan hingga menjadi besar, dan menghasilkan untuk bersama,” terangnya.

Politisi partai Demokrat ini mengakui dari hasil pertemuan dengan para petani di Kecamatan Toapaya, dirinya sudah mendengar langsung berbagai keluhan yang selama ini dirasakan dari para petani tersebut.

Untuk itu, pihaknya menginstruksikan Dinas Pertanian Kabupaten Bintan, agar segera melakukan pendataan kembali semuanya secara komperhensif, mulai dari berapa banyak luas lahan yang masih bisa dimanfaatkan secara bersama, serta berapa banyak tenaga penyuluh yang tersedia saat ini.

“Ini akan ditindak lanjuti. Dimana nantinya para kelompok tani akan bertemu dengan Dinas Pertanian. Untuk merumuskan bersama dengan menyepakati, mungkin Toapaya ini akan dijadikan khusus pertanian semangka yang akan dibuat menjadi besar sekali, sebab hasil dari buah semangka memiliki peluang untuk besar yang bisa dijual hingga ke Singapura,” tuturnya.

Apri menjelaskan langkah ini tentunya akan didukung, karena kran yang akan dibuka Pemerintah Pusat terhadap ketahan pangan sangat besar.

Sebab ini menjadi konsetrasi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, untuk mensukseskan program ketahan pangan yang sedang digesa, demi memenuhi kesejahteraan bagi para petani.

Selain itu, lanjutnya diharapkan juga apabila nantinya sudah terbentuk kesepakatan bersama dalam menentukan hasil pertanian yang ingin dibesarkan, tentu juga harus didukung untuk prosesnya, mulai dari penanaman, panen, sampai kepada pengolahnnya menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan seperti semangka yang bisa dijadikan jus.

“Saya mau disini kalau hasilnya dalam jumlah yang besar. Artinya bisa juga dimanfaatkan menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat diandalkan. Dimana wisatawan bisa melihat langsung proses dari mulai penanaman, panen, sampai di olah. Kan menarik,” ungkapnya.

Apri berharap rencana tersebut harus sudah bisa terealisasi pada tahun 2018 mendatang. Sehingga bisa memberikan kemajuan terhadap sektor pertanian di Bintan.

“Kami ingin kedepannya petani di Bintan semuanya memiliki kualitas SDM yang bagus, memiliki ketersediaan pupuk dan juga lahan. Termasuk pemanfaatan itu sendiri. Sehingga dapat menghidupkan sektor ekonomi dibidang pertanian,” imbuhnya. (cr20)

Update