Salah satu CCTv yang dipasang di parkiran perkantoran daerah Batamcenter. Foto: Johannes Saragih/Batam Pos

batampops.co.id – Menjelang masuknya Bulan Suci Ramadan, Kapolresta Barelang AKBP Hengki menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya. Ia meminta untuk ronda malam lebih ditingkatkan selama bulan Ramadan.

“Kepada pelaku usaha, saya meminta untuk memasang CCTv. Gunanya, jika CCTv itu dapat membantu polisi dalam mengungkap kejahatan,” ucapnya.

Selain antisipasi tindak kejahatan, Hengki juga akan meminta jajarannya untuk melakukan pengecekan di setiap pasar-pasar, dalam mengantisipasi kelonjakan harga bahan pokok (sembako) menjelang masuknya Bulan Ramadan atau sudah masuk bulan Ramadan.

“Kalau naiknya masih wajar itu tidak masalah. Tapi, jangan sampai kenaikan harga itu langsung tinggi,” katanya.

Menurut Hengki, melambungnya harga sembako itu karena adanya faktor kesengajaan dari distributor atau pedagang yang sengaja menimbun sembako. Akibat penimbunan itu, harga sembako nantinya akan semakin melonjak tinggi dan dimanfaatkan oleh distributor.

“Kalau ada kita temukan, nantinya akan jelas bahwa ada sanksinya. Kita akan tindak mereka yang melakukan praktik kotor itu,” tegasnya.

Hengki menambahkan, beberapa waktu kebelakangan memang diakuinya beberapa harga kebutuhan pokok di pasar mengalami kenaikan. Namun, kenaikan itu masih dianggapnya masih dalam tahap kewajaran karena faktor cuaca atau sebagainya.

“Kita ada tim yang akan selalu memantau harga-harga kebutuhan pokok itu. Seperti yang saya katakan tadi bahwa sanksinya ada. Kita akan langsung sikat jika ada ditemukan,” imbuhnya. (cr1)

Respon Anda?

komentar