Selasa, 19 Maret 2024

PLN Surplus Daya 6 Megawatt

Berita Terkait

batampos.co.id – PLN Ranting Tanjungbalai Karimun memastikan, selama bulan Ramadan nanti tidak ada pemadaman bergilir. Sebab, kebutuhan daya listrik yang dipasok dari dua PLTU Tanjungsebatak dan PLTD Bukit Carok sudah surplus daya listrik 6 Megawatt saat beban puncak. Ditambah lagi dengan mesin cadangan ada 4 unit, yang kapan-kapan dapat dioperasikan saat terjadi gangguan mesin PLTD nantinya.

“Tapi, tetap saya imbau kepada masyarakat agar menggunakan listrik secara bijak,” ujar Kepala PLN Ranting Tanjungbalai Karimun, Fauzar Zain, Sabtu (20/5).

Jauh-jauh hari sebelumnya, pihaknya sudah melakukan over houl atau perbaikan mesin di PLTD Bukit Carok yang saat ini ketika beban puncak pada sore hari mencapai 25,8 Megawatt dan daya yang dapat dihasilkan mencapai 31,8 Megawatt. Selain itu terus dilakukan pemeliharaan jaringan secara berkala dengan melakukan pemotongan pohon yang melintasi kabel jaringan di beberapa titik.

”Kalau PLTD ada 27 unit mesin dengan daya 25 Megawatt termasuk 4 unit yang standby dengan dibantu PLTU unit 2 yang menghasilkan 6,8 Megawatt. Ini berarti daya listrik kita mencukupi untuk mensuplai daya listrik ke pelanggan,” terang Fauzar.

Namun demikian, apabila terjadi gangguan alam di saat bulan suci Ramadan, secara otomatis akan dilakukan pemadaman sementara. Sebab, tidak dapat dihindari kalau gangguan alam, pihaknya akan melakukan perbaikan secepat mungkin agar segera kembali normal.

”Saat ini kita juga sedang membangun Power House (PH) untuk 17 unit mesin baru yang akan datang. Dengan menghasilkan daya 17 Megawatt yang sekarang jumlah pelanggan PLN mencapai 39 ribu,” kata Fauzar lagi. (tri)

Update