Jumat, 26 April 2024

TK Yaa Bunayya Motivasi Anak Cintai Alquran

Berita Terkait

Pendiri Yayasan Hidayatullah Batam, KH Jamaludin Nur didampingi Kepala Sekolah TK Yaa Bunayya 01, Ustazah Ummu Kalsum memberikan piala dan piagam penghargaan kepada Hadid Abdul Hakim sebagai terbaik 1 kategori tahfizd dan tartil. Foto: Iman Wachyudi/ Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 147 murid Taman Kanak-Kanak (TK) Yaa Bunayya 01 Batuaji, Angkatan ke -12, Batam mengikuti pentas seni, hubbul quran dan pelepasan siswa tahun ajaran 2016/2017 di hotel Nagoya Plaza, Batam, Sabtu (14/5).

Berbagai kegiatan dipentaskan, seperti menari, menyanyi, menjadi protokol, hapalan doa-doa, hapalan surat-surat pendek dan hadis, puisi, azan, tilawah, juga Hubbul Quran dengan metode Ummi.

Kepala Sekolah TK Yaa Bunayya 01, Ustazah Ummu Kalsum dalam sambutannya mengatakan, program hubbul quran dengan metode Ummi tak hanya mengajarkan siswa membaca Alquran. Para guru juga memotivasi para siswa untuk mencintai Alquran dengan menghapal ayat demi ayat, memahami, lalu mengamalkan kandungannya secara bertahap.

“Hubbul Quran bertujuan menguji kemampuan anak dalam menghapal Alquran sesuai tingkatan masing-masing. Namun anak-anak mendapat tantangan khusus, karena harus menunjukkan kemampuan ini di depan umum,” ujar Ustazah Ummu Kalsum.

Ustazah Ummu Kalsum mengatakan, bahwa siswa-siswi TK Yaa Bunayya 01 Batuaji yang dilepas dapat menghapal jilid 3, surat-surat pendek dan doa sehari-hari. Para siswa juga diuji di depan guru dan ratusan wali murid. Siswa yang diuji tampil percaya diri menghapal surat-surat Alquran, doa sehari-hari yang terbilang sangat baik. Baik dari segi makhorijul hurufnya ataupun hukum tajwid-nya.

“Alhamdulillah anak-anak ini bisa fasih membaca dan menghapal Alquran. Ke depan kami berharap siswa-siswi TK Yaa Bunayya sedapat mungkin untuk ikut jilid ke lima. Menumbuhkan rasa cinta pada Alquran sejak dini kepada mereka,” ujar Ustazah Ummu Kalsum.

Ia juga mengatakan, banyak dampak positif ketika siswa-siswa ini belajar Alquran secara intensif. Mulai dari perubahan sikap menjadi lebih baik, sabar, dan kemampuan akademiknya pun jauh lebih kuat dan beberapa dampak positif lainnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pasantren Hidayatullah Batam Ustaz H Jamaludin Nur mengatakan, Hubbul Quran dengan metode Ummi ini sudah diterapkan sejak tiga bulan yang lalu dengan menggandeng kerja sama dengan Ummi Fondation sebagai tenaga pengajar di TK Yaa Bunayya.

“Dan Alhamdulillah hari ini anak-anak kami yang dilepas mampu menghapal ayat-ayat Alquran, dan doa sehari-hari prestasi ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Dengan adanya prestasi yang luar biasa itu, Jamaludin berharap agar anak-anak tersebut tidak hanya menghapalkan ayat Alquran saja tapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari agar selalu berada dalam jalan dan ajaran Allah.

“Harus cerdas berdasarkan Alquran. Ini harus dipertahankan dan diamalkan dalam kehidupan nyata,” pesannya. (iwa)

Update