Sabtu, 20 April 2024

Hari Ini, Yayasan Literasi dan Vokasi Kepri Diluncurkan

Berita Terkait

batampos.co.id – Kamis, 9 Maret lalu Batam Pos telah meluncurkan program Pustaka Emas, sebuah gerakan memerangi hoax dengan cara membina generasi muda bagaimana memahami berita dan informasi melalui media yang benar, dalam hal ini koran.

Gerakan Pustaka Emas ini mendapat dukungan penuh dari Pemko Batam, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam dan diresmikan langsung oleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Dalam praktiknya Pustaka Emas menyalurkan koran gratis sumbangan para donatur ke perpustakaan-perpustakaan sekolah. Mengapa perpustakaan? Karena di sanalah tempat murid-murid dan guru menggali informasi.

“Alhamdulillah, program ini sukses dan mendapat sambutan luar biasa. Dari hasil penelusuran kami ke sekolah-sekolah, banyak guru dan murid yang terbantu.

Berkaca dari sinilah, kami terus menguatkan gerakan ini dan dilembagakan menjadi sebuah yayasan. Namanya Yayasan Literasi dan Vokasi Kepri,” ujar Ketua Panitia Peluncuran Yayasan Literasi dan Vokasi Kepri, Muhammad Riza Fahlevi, Senin (22/5).

Literasi adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi sebuah informasi. Kemampuan untuk melakukan hal ini ditujukan agar pemirsa, termasuk anak-anak, menjadi sadar (melek) bagaimana sebuah informasi dibuat dan diakses.

Minimal bisa paham beda data dan informasi.

Di sini program Pustaka Emas akan lebih terencana dan terpadu lagi. Bila semula hanya khusus di kota Batam, kini akan diperluas ke serata provinsi segantang lada ini.

Bahkan, Yayasan Literasi dan Vokasi Kepri tak hanya akan menjadi sebuah wadah besar membina pembaca muda di Kepulauan Riau ini, juga disiapkan menjadi pusat studi dalam hal riset kebijakan publik.

Namun fokusnya tetaplah pada mendidik masyarakat agar gandrung membaca daripada berkomentar. Dalam hal ini membaca buku dan media yang benar.

“Mengapa membaca?

Awal Mei lalu Kingston University di London, mengurai hasil penelitiannya bahwa orang yang suka membaca akan lebih manusiawi. Lebih baik dan lebih empati terhadap sesamanya,” ungkap Riza.

Selanjutnya Yayasan Literasi dan Vokasi ini akan menggandeng universitas-universitas di Kepri untuk menggiatkan literasi dan membina pembaca muda di sekolah-sekolah di tiap kabupaten kota di provinsi seribu pulau ini.

Dan, hari ini, Selasa 23 Mei akan menjadi tonggak baru dunia ilmu pengetahuan di Provinsi Kepulauan Riau. Hari ini sejarah akan mencatat sebuah peluncuran Yayasan Literasi dan Vokasi Kepulauan Riau.

“Sambut dan dukunglah!” ujar Riza.
Peluncuran akan dilaksanakan di Hotel Harmoni One Batam pukul 13.00.

Inilah yayasan yang akan membangun peradaban generasi muda ke hal positif. Membangun generasi penerus melalui minat baca, agar selalu cerdas berpikir, bijak berbuat.

“Sekali lagi kami mengajak, mari bergabung bersama kami, kita wujudkan generasi muda yang lebih baik,” ujar Riza. (cr16)

Update