Sabtu, 20 April 2024

Pemko Batam Siapkan Taman Futuristik dan Etnik Melayu

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam tengah membangun kawasan taman yang bernilai futuristik dan lekat dengan budaya melayu. Taman seluas satu hektar ini berada di sepanjang jalan Simpang BNI. Di simpang ini juga akan dilengkapi dengan tugu setinggi 20 meter yang diberi nama Tugu Tunjuk Langit.

“Tunjuk langit ini biasa terlihat pada bagian depan atap rumah masyarakat melayu, walaupun bangunan bergaya moderen, harus ada etnik melayunya,” ujar Kepala Dinas Pemukiman dan Pertamanan Kota Batam, Herman Rozi, Senin (22/5).

Pemerintah menganggarkan sedikitnya Rp 4 miliar untuk pembangunan taman yang rencanya diberi nama Tuah Melayu ini. Herman menambahkan taman aktif ini juga dilengkapi dengan kursi yang dihiasi nuansa melayu.

“Kita gunakan empat motif diantaranya, pucuk rebung, tampuk manggis, itik sekawan dan buih selasih,” sebut mantan camat Lubukbaja ini.

Herman menambahkan, taman ini juga dilengkapi dengan sopt- spot yang bisa dimanfaatkan untuk pengunjung mengabadikan momen bersama sabahat.

“Memang didesain untuk itu, kami harapkan ini bisa menjadi daya tarik wisatawan yang masuk ke Batam,” terangnya.

Selain itu, Herman juga mempersiapkan satu ikon lagi yang bisa menjadi daya tarik wisatawan yakni intan sri madani. Bangunan yang memiliki diameter delapan meter ini menyerupai bangunan universal studio Singapura, selain itu ada juga jogging trek, arena bermain anak, dan sarana prasarana olahraga.

Sebelumnya Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan tengah membenahi Kota Batam menjadi kota wisata. Sebelumnya Rudi telah melakukan pelebaran di beberapa ruas jalan yang bertujuan untuk menunjang sektor pariwisata di Batam. (cr1)

Update