Selasa, 19 Maret 2024

Awak Kapal Pengawas Ditahan Coast Guard Vietnam

Berita Terkait

batampos.co.id – Insiden pengamanan laut Natuna kembali terjadi. Kapal patroli hiu macan PSDK kembali dihadang negara tetangga. Kali ini kapal Coast Guard atau pengawas pantai Vietnam. Tepatnya sekitar pukul 04.00 WIB, Minggu (21/5).

Insiden antar kapal pengawas ini terjadi setelah kapal pengawas hiu macan menangkap kapal ikan vietnam yang yang mencuri ikan di perairan Natuna. Bahkan dalam insiden tersebut, satu awak kapal hiu macan PSDKP ditahan coast guard Vietnam. Belum diketahui nasib awak kapal pengawas tersebut hingga saat ini.

Koordinator pengawas PSDKP Natuna Syaiful Anam membenarkan insiden yang terjadi. Kejadian ini sudah ditangani dan dilaporkan ke pusat. Karena itu, ia mengaku tidak memiliki kewenangan untuk menyampaikan informasi. Karena sedang dalam proses bilateral agar awak PSDKP dipulangkan pihak Coast Guard Vietnam.

“Seperti apa kejadiannya tidak bisa disampaikan, komfimasikan ke Pangkalan PSDKP di Batam atau ke pusat,” ujar Syaiful ditemui di kantor Kejakaan Negeri Natuna, Selasa (23/5).

Informasi diterima di lapangan, sebelum insiden terjadi. Kapal Pengawas Hiu Macan 01 berhasil mengamankan lima kapal ikan nelayan asing berbendera Vietnam di perairan Natuna. Dengan jumlah 44 ABK dan nakhoda. 44 ABK lalu diamankan di Kapal pengawas. Sementara lima kapal ikan asing dijaga masing-masing satu orang petugas kapal pengawas. Namun dari kapal tangkapan KH 97579 TS yang dijaga D. Gunawan tiba-tiba ditabrak coast guard vietnam dan rusak.

Saat kejadian, KP Hiu Macan 01 masih sedang melakukan pengejaran kapal ikan lainnya yang masuk dan mencuri ikan di perairan Natuna. Namun sebelum ditabrak, D. Gunaawan sempat memberikan informasi.

Namun saat KP Hiu Macan merapat, posisi kapal ikan sudah rusak dan hanya terlihat bagian lambung. Sementara petugas PSDKP, D Gunawan tidak ditemukan, dan akhirnya dikabarkan ditangkap petugas Coast Guard Vietnam. Bahkan saat ini insiden tersebut, 33 nelayan Veitnam lompat ke laut dan berenang ke Coast Guard Vientam dan tidak bisa diamankan.

Tidak hanya itu, coast guard Vietnam mendapat bantuan dari dua kapal lain yang tertangkap di radar. Dan akhirnya KP Hiu Macan 01 bergeser dari tempat kejadian perkara dan meninggalkan empat kapal ikan asing yang sempat diaman.(arn)

Update