Sabtu, 20 April 2024

Batam Sepi, Pencaker Batam Serbu Peluang Kerja di Malaysia

Berita Terkait

foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Lowongan kerja yang dibuka oleh Rotary Malaysia Engineering Company diminati sekitar 1.600 lebih pencaker Batam.

Pihak perekrut yakni PT Zisra Dwijaya (Bidar Timur Group), mengaku  kaget dengan animo pencaker di Batam.

“Kami kewalahan, kami kira tidak terlalu banyak. Jadi membludak, ini diluar ekspestasi,” kata Business and Development Director Aulia Febrina, di Hotel Harmoni One Batamcenter di sela-sela tahapan wawancara calon pekerja, Selasa (23/5).

Menurutnya, alasan para pencaker yang mendasar hingga mencoba peruntungan di Malaysia karena proyek atau lapangan pekerjaan di Batam sepi.

Rekruitmen gelombang pertama pertengahan April lalu yang dilakukan di  PT Rotary Batam, Tanjunguncang dan Serang Banten sejumlah 600 lebih pencaker.

Sementara gelombang kedua yang dibuka sejak Sabtu (20/5) lalu di Hotel Harmoni One diserbu lebih dari 1000 pencaker.

“Gelombang pertama butuh 282 orang, yang (gelombang) kedua butuh 200 orang,” terangnya.

Dia mengatakan, setelah dipastikan lolos kelak, para pekerja akan bekerja pada proyek perusahaan pengolahan minyak dan gas. Selama bekerja, akan disediakan tempat tinggal, transport, ditanggung biaya makan minum hingga laundry ditanggung perusahaan.

“Nama projectnya Rapid Project, yaitu tentang refinery project, tentang perminyakan tapi bukan pengeboran tapi lebih ke pengolahan. Gaji murni untuk mereka, mereka tinggal kerja saja,” paparnya. Namun diawal proses rekruitmen medical dan paspor ditanggung oleh calon pekerja sendiri, selebihnya juga ditanggung perusahaan.

Seorang pencaker, Ilham mengaku melamar dan siap bekerja di luar negeri karena pekerjaan di Batam sepi.

“Bertahan seperti ini susah juga. Mumpung banyak lowongannya juga,” kata mantan pekerja di bilangan Tanjunguncang ini, sembari menunjukkan beberapa posisi pekerjaaan yang dibutuhkan Rotary Malaysia Engineering Company.

Di antara posisi yang dibutuhkan yakni, pipinp supervisor, welding foreman, foreman piping, fitter piping, structure supervisor electrian fitter hingga general worker.  (cr13)

Update