Jumat, 29 Maret 2024

Calon Penumpang Serbu Tiket Kapal Pelni

Berita Terkait

Calon penumpang arus mudik PELNI tujuan Batam-Jakarta menaiki kepal kelud, tahun lalu. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Manager Tata Usaha PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) cabang Batam, Toro mengatakan lebaran memang masih jauh namun penjualan tiket kapal jelang mudik sudah mulai diburu pembeli.

“Sudah hampir 90 persen terjual, seperti tanggal 13 Juni sudah sold out, sedangkan tanggal 16 dan 23 Juni masih ada seat 60 persen lagi,” kata Toro, Selasa (23/5).

Toro mengatakan selain kapal utama Pelni, pihaknya juga menyiapkan satu kapal cadangan untuk melayani arus mudik.

“Khusus Umsini kami fungsikan untuk mengangkut pemudik tujuan Jakarta,” ujar pria yang baru menjabat Maret lalu ini.

Untuk harga tiket KM Kelud tujuan Belawan dijual dengan harga Rp 220 ribu untuk dewasa, 170 ribu, sedangkan tujuan Jakarta dijual dengan harga Rp 312 ribu.

Sementara itu untuk antrean penumpang saat ini belum terlihat di loket penjualan tiket Pelni.

“Karena mereka banyak yang membeli online, selain itu tiket juga bisa dibeli di retail moderen yang ada di Batam,” tambahnya.

Dia menambahkan arus mudik tahun ini masih berlangsung di Pelabuhan Batuampar. Untuk memudahkan mobilisasi calon penumpang nanti, pihaknya menyiapkan sedikitnya lima bus yang akan melayani penumpang dari pelabuhan menuju kapal.

“Sama dengan tahun sebelumnya, kami menyiapkan bus agar calon penumpang lebih cepat menuju kapal,” terangnya.

Toro memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada tanggal 16 tujuan Jakarta dan 23 Juni tujuan Belawan. Calon penumpang yang ingin mudik dan menggunakan jasa Pelni Batam, sebaiknya cepat membeli tiket, sebelum kehabisan.

Untuk jumlah penumpang yang akan mudik tahun ini, Toro belum bisa menjelaskan hampir sama dengan tahun sebelumnya, tidak ada peningkatan yang signifikan.

“Belawan masih destinasi paling ramai dikunjungi,” sebut dia.(cr17)

Update