Jumat, 29 Maret 2024

Kementerian ATR Permudah BP Batam Urus HPL

Berita Terkait

batampos.co.id – Status tanah di Batam akan menjadi Hak Pengelolaan Lahan (HPL) milik Badan Pengusahaan (BP) Batam sepenuhnya dalam waktu dekat. Kepastian itu diperoleh lewat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Jakarta, Selasa (24/5).

Selain untuk mempermudah BP Batam dalam menerbitkan Fakta kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitas pelayanan terpadu satu pintu serta sinkronisasi data pertanahan antara BP Batam dan BPN.

Kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan wujud upaya BP Batam dalam meningkatkan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dalam mengajukan permohonan lahan di Batam.

“Banyaknya lahan yang tidak dimanfaatkan di Batam mendorong BP Batm untuk melakukan peningkatan pelayanan atas kebutuhan tanaha di Batam. Dan dengan ini, tentunya lahan di kawasan perdagangan bebas Batam dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat di kota Batam,” katanya.

Sedangkan Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil menyambut baik upaya BP Batam dalam meningkatkan pertumbuhan investasi dan ekonomi di Batam.”MoU ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga tentunya perlu untuk terus ditingkatkan,” katanya.

Sofyan mengungkapkan bahwa dengan kerjasama ini maka perolehan data mengenai pertanahan di Batam dapat diproses lebih cepat sehingga dapat membantu BPN dalam memberikan pelayanan pengurusan sertifikat tanah lebih cepat. Ia juga menyarankan agar Kepala BP Batam membuat Peraturan terkait data lahan untuk mempermudah pekerjaan dalam mendata seluruh status tanah di Batam.

“Harus dipikirkan yang prioritas dalam melaksanakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kebutuhan atas lahan,” jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa status lahan di Batam akan dikembalikan ke asalnya yakni status HPL.”Dan ini sudah kami laporkan kepada Pak Darmin Nasution selaku Menko Perekonomian dan Presiden,” jelasnya.

Menanggapi hal ini, Deputi 3 BP Batam, Eko Santoso Budianto menegaskan proses mengenai sinkronisasi data lahan akan jalan terus.”Proses akan jalan terus dan semakin kencang jalannya,” ujarnya.

Target untuk memberikan status HPL untuk seluruh Batam akan segera dilakukan karena sudah pasti akan dipermudah oleh BPN Batam.”Secepatnya akan kami lakukan,” pungkasnya.(leo)

Update