batampos.co.id – Saat melakukan kunjungan ke Arab Saudi akhir pekan lalu, Presiden AS, Donald Trump menunjukkan toleransi tinggi.

Saat menghadiri jamuan makan dengan Raja Salman, Trump terlihat sangat menghormati tuan rumah. Bukan sekadar berlaku sopan, Trump bahkan bersedia memindah gelas yang berada di tangan kirinya untuk dipindah ke tangan kanan saat akan minum.

Adegan itu tergambar jelas dalam video yang menyebar secara viral. Dalam video itu terlihat semua tamu memegang gelas dengan tangan kanan. Sementara Trump memegangnya dengan tangan kiri. Tetapi itu hanya sejenak, Raja Salman yang melihatnya kemudian meminta Trump memindah gelas itu ke tangan kanan dan meminumnya. Trump mematuhinya.

Dalam agama Islam, adalah kebaikan untuk melakukan segala sesuatu dengan tangan kanan. Termasuk untuk makan, minum, dan bersalaman.

Para ahli tubuh menyebutkan tindakan Trump ini adalah tindakan refleks yang menunjukkan penghormatan. ”Dia menunjukkan, berada di negara lain dengan kebudayaan dan kebiasaan yang berbeda, dia hanya tamu dan harus memahami tradisi yang berlaku,” tulis seorang ahli bahasa tubuh.(india/tia/JPK)

Respon Anda?

komentar