Jumat, 26 April 2024

Pemko Batam Benahi Drainse Tiban Indah

Berita Terkait

Alat berat melakukan normalisasi drainase. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam memulai pengerjaan drainase di Tibanindah, Sekupang, Kamis (25/5). Satu alat berat diturunkan dalam perluasan area drainase.

“Sebelumnya sudah ada pengerjaan tahun 2016 lalu, namun terhenti karena baru dianggarkan di APBD tahun ini,” kata Yumasnur.

Drainase sepanjang 50 meter, dan lebar tiga meter ini rencananya akan diperluas menjadi lima hingga enam meter. Sebelumnya drainase mengalami penyempitan di hilir, hal ini mengakibatkan aliran air tidak berjalan dengan sempurna, terutama saat debit air meningkat.

“Seperti kejadian beberapa waktu lalu, luapan dari drainase ini merendam rumah warga yang berada di sepanjang drainase,” ujar dia.

Tahun ini pihaknya berencana melakukan normalisasi dan perawatan di 30 drainase yang ada di Kota Batam. pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kecamatan untuk jadwalnya.

“Semua harus terlibat, agar pengerjaan ini bisa selesai,” ujarnya.

Dia menargetkan seluruh proyek pembangunan yang telah direncanakan bisa selesai tepat waktu, dan sesuai dengan arahan walikota Batam.

“Tengah kami kejar semua, saya berharap di triwulan kedua nanti semua sudah mulai terlihat hasilnya,” terang Yumasnur.

Dengan adanya pengerjaan drainase ini setidaknya bisa mengurangi satu titik banjir yang semakin bertambah. Yumasnur menyebutkan saat ini terdapat sedikitnya 63 titik banjir yang telah didata. Bertahap pihaknya akan mencoba melakukan perbaikan dan normalisasi sehingga dampak banjir bisa berkurang.(cr17)

Update