batampos.co.id – Potensi terpendam atlet selam junior Kepri saat ini sudah muncul ke permukaan. Bakat-bakat atlet selam junior di Kepri kini semakin diperhitungkan di kancah nasional.

Melihat situasi itu dirasa sangat perlu adanya satu wadah yang bisa membina untuk kelanjutan perjuangan para atlet kedepannya.

Sudah saatnya sebagai wahana pembinaan atlet-atlet junior tersebut didirikan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) untuk cabang olahraga (cabor) selam seperti halnya cabor lainnya di Kepri seperti layar, tinju, pencak silat dan karate.

Pasalnya potensi atlet selam kolam Kepri sudah terbilang bagus. Sebagai bukti di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) selam kolam di Bandung beberapa waktu lalu, 12 atlet selam Kepri yang diturunkan, lima diantaranya mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dan berbuah medali.

Dalam event tersebut, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kepri berhasil meraih 1 emas, 2 perak dan 5 perunggu. Medali-medali tersebut disumbangkan Jeruzu yang masih berusia 14 tahun, Sania (15 tahun) serta Hafiz, Vichi dan Bimo yang berusia 10 tahun.

Pelatih selam Kepri, Kurniawan mengatakan, dengan hasil yang diraih para atlet selam Kepri dalam Kejurnas tersebut, pihaknya berharap adanya satu wadah yang bisa membina regenerasi atlet-atlet junior ini untuk bisa fokus berprestasi dengan mendirikan PPLP untuk cabor selam.

Kurniawan mengaku, selam Kepri dinilai sudah ketinggalan dibandingkan dengan provinsi lain seperti Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat da Kalimantan Timur yang sudah memiliki wadah tersebut, sehingga regenerasinya pun dinilai baik.

ilustrasi

“Kita sudah ketinggalan jauh dibanding mereka dan kini sudah saatnnya di Kepri juga ada PPLP untuk selam. Sebab kami sudah punya modalnya, yaitu para atlet junior yang berpotensi, sehingga kalau dibina dari sekarang mereka akan menjadi cikal bakal atlet-atlet selam Kepri, yang akan memperkuat Kepri di kancah nasional maupun internasional,” kata Kurniawan kepada Batam Pos, Jumat (26/5).

Melalui PPLP, ketiga indikator pencapaian yang ingin diraih para atlet semuanya bisa tercapai. “Atlet bisa bersekolah, berprestasi di olahraga dan kesejahteraan mereka juga terjamin,” ujar Kurniawan.

Kurniawan juga merasa yakin, dengan adanya PPLP untuk cabor selam, prestasi Kepri untuk cabor selam bisa bersaing dengan daerah-daerah lain yang sudah memiliki PPLP sejak lama.

“Kalau di Kepri sudah ada PPLP selam, saya yakin kita bisa mempersembahkan medali di PON 2020,” tutup Kurniawan. (cr16)

Respon Anda?

komentar