Jumat, 29 Maret 2024

Berburu Kue Bingke Berendam di Jalan Sumatera

Berita Terkait

Sejumlah pembeli memilih menu berbuka puasa di jalan Sumatera Tanjungpinang, Minggu (28/5). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah pembeli berburu aneka menu buka puasa dan jajanan khas Ramadan di sejumlah tempat seperti di jalan DI Panjaitan, jalan Sumatera, jalan Tugu Pahlawan dan jalan Bintan Tanjungpinang, Minggu (28/5). Lokasi tersebut menjadi lokasi favorit warga berburu kebutuhan berbuka puasa pada sore hari jelang berbuka.

Di lokasi tersebut, sejumlah pedagang berjejeran menjajakan makanan dan minuman khas buka puasa. Pembeli pun harus rela berdesak-desakan saat mengunjungi satu per satu lapak-lapak pedagang dan mengantri untuk membeli. “Nikmatnya ya ngantri begini belinya,” ujar Jenny, salah seorang pembeli.

Jenis makanan yang tersedia bervariasi, yang utamanya adalah aneka kolak, bubur, beragam kue, macam-macam gorengan, dan berbagai jenis minuman. “Pembeli tinggal memilih kue dan makanan khas favorit,” katanya.

Harga makanan dan minuman yang ditawarkan pun relatif terjangkau dan murah. “Semua kue serba seribu, pembeli bebas memilih jajanan yang tersedia,” ujar Titin, salah satu pedagang kue di jalan Sumatera

Uniknya setiap bulan Ramadan beberapa jajanan yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari, muncul, misalnya serabi, kue jongkong, kue bingke berendam dan kolak dengan berbagai pilihan, bubur yang berisi berbagai jenis kacang dan lemang. “Tersedia juga kue yang jarang kita temui yaitu kue bingke berendam dan serabi,” katanya.

Banyaknya pembeli yang ingin belanja makanan dan minuman untuk berbuka, membuat arus lalu lintas di Jalan Tugu Pahlawan sampai Jalan Sumatera menjadi macet. Karena, sebagian besar pembeli memarkir kendaraannya, baik roda dua maupun roda empat, di pinggir jalan. Hal serupa juga terjadi di jalan DI Panjaitan Batu 9. (odi)

Update