Sabtu, 20 April 2024

Masjid Nur Ilahi Jadi Tempat Bermain dan Berwisata Religi

Berita Terkait

Sejumlah warga sedang bersantai di seputaran Mesjid Nur Ilahi, F Osias De/batampos.

batampos.co.id – Jalan ke Pulau Dompak, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Masjid Raya Nur Ilahi, yang berada di Istana Kota Piring. Letaknya yang berada dekat Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri, menjadikannya sebagai tempat berwisata religi dan bersantai disetiap akhir pekan bersama keluarga.

Menjelang sore hari, kawasan Masjid Nur Ilahi, ramai dikunjungi masyarakat lokal. Ada yang membawa keluarga untuk melihat pemandangan, ada yang untuk bersantai dan ada juga yang datang kesana untuk bersantai sambil menunggu waktu untuk beribadah.

Berkunjung ke seputaran Masjid Nur Ilahi, masyarakat juga bisa melihat Sunset, perkampungan penduduk dan juga lalu lalang kendaraan yang melintas di jembatan I Dompak yang menghubungkan Kota Tanjungpinang dengan pusat Pemerintahan Provinsi Kepri.

Biasanya disetiap akhir pekan, banyak pedagang yang memanfaatkan kawasan Masjid Nur Ilahi untuk mencari nafkah. Namun, berhubung masuknya bulan Ramadan. Mereka tidak menjajakan jualannya karena menghormati umat muslim yang sedang berpuasa.

Elva Delima, 28, salah seorang warga yang ditemui di kawasan mesjid Nur Ilahi, mengatakan ia selalu menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarganya disana. Karena selain bisa melihat keindahan alam Kota Tanjungpinang, disitu tempatnya teduh karena banyaknya pepohonan rindang.

“Tempatnya juga bersih, anak saya juga suka bermain disini. Makanya kami selalu kesini,” ujar Elva.

Dikatakan Elva, selain menemani buah hatinya bermain disana. Ia juga bisa melaksanakan ibadah Salat di Masjid tersebut jika sudah memasuki waktunya beribadah.

“Berkunjung kesini kan gratis. Selain bisa bersantai, bisa juga beribadah. Selain itu, disini juga kalau tidak bulan puasa gampang untuk membeli jajanan. Karena biasanya pedagang ramai berjualan disini,” kata Elva.

Menurut Elva, meski bisa menjadi tempat menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun, terdapat kekurangan seperti fasilitas bermain untuk anak.

“Kalau boleh, ditambah fasilitas bermain untuk anak,” ucap Elva sembari tertawa.

Sementara itu, warga lainnya, Ella, menuturkan ia juga sering menghabiskan waktu ke Mesjid Nur Ilahi tersebut. Berkunjungnya ia kesitu untuk menghabiskan waktu luang bersama temannya.

“Kalau mau Salat tinggal masuk mesjid. Kan bisa juga melihat Sunset dan menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari,” ucapnya.(ias)

 

Update