Slrrruuppp….. Segarnya Es Sarang Burung, Bikin saja di Rumah, Ini Ada Resepnya

Kalau bosan berbuka dengan kurma atau kolak, cobalah resep yang satu ini. Es Sarang Burung ala The Margo Hotel.

Haus dahaga setelah sehari penuh berpuasa mendadak lenyap.

Bahan-bahan dan cara membuatnya pun mudah. Hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk memersiapkan menu ini. Biaya yang dikeluarkan juga tak mahal, sekitar Rp 25 ribu untuk 2-3 porsi.

Menurut Chef The Margo Hotel Meindra Bayu Sunjaya, Es Sarang Burung berasal dari negeri Tiongkok. Saat populer di Indonesia, es itu sudah mengalami modifikasi sesuai selera.

“Tidak terlalu mahal membuat Es Sarang Burung. Bedanya hanya dipresentasi saja sesuai selera. Aslinya khas dari Tiongkok, membuatnya juga mudah, lalu sehat juga setelah berpuasa dan bisa mencegah panas dalam,” ungkap Bayu kepada JawaPos.com.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 bungkus sari kelapa (Nata de coco)
  • Biji selasih secukupnya
  • 2 bungkus agar-agar warna apa saja
  • Gula pasir 100 gram
  • Sirup warna merah 5 sendok makan
  • Air 1 gelas
  • Es Batu
Es sarang burung ala hotel The Margo (DERY RIDWANSYAH/JAWA POS)

Cara Membuat :

Pertama, buat dahulu agar-agar sebagai bahan membuat sarang burungnya. Sama seperti membuat agar-agar pada umumnya, tuang air di dalam panci, dua bungkus agar-agar, dan gula pasir. Lalu rebus hingga mendidih. Setelah matang, kemudian angkat dan dinginkan. Kemudian parut agar-agar dengan parutan keju.

Setelah itu, tata semua bahan di dalam gelas. Tentu dengan berhati-hati agar posisi sarang tidak rusak.

Lantas, masukkan sirup ke dalam gelas. Kemudian tambahkan serutan agar-agar, biji selasih, dan nata de coco. Terakhir, tambahkan air secara perlahan. Sesuai selera, tambahkan es batu ke dalam gelas atau simpan Es Sarang Burung di dalam lemari es. Tunggu hingga dingin dan Es Sarang Burung siap diminum. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar