Beberapa perwakilan peserta saat mengikuti dialog yang bertemakan toleransi di Karimun, Senin (29/5). F. Tri Haryono/batampos.

batampos.co.id – Pemkab Karimun bersama Jurnalis Karimun menggelar dialog bulanan dengan tema toleransi selama bulan Ramadan yang menghadirkan pihak Polri/TNI, tokoh agama, ormas, Asisten I dan anggota DPRD Karimun, Senin (29/5).

Dalam sesi dialog tersebut Ketua Komisi I DPRD Karimun HM Taufiq mengatakan, bahwa selama bulan suci Ramadan mari bersama-sama menjaga toleransi umat beragama yang sedang melaksanakan ibadah puasa bagi umat muslim.

”Dulu kita sepakat setiap memasuki bulan suci Ramadan, tempat-tempat hiburan tutup total. Namun, berlaku hanya setahun saja dan tahun berikutinya berlaku buka tutup tempat hiburan sesuai dengan Perda tentang Ramadan yang sudah berlaku sejak 2014 lalu,” katanya.

Lanjutnya, toleransi bukan hanya berlaku antar pemeluk agama, namun berlaku juga buat umat seagama. Artinya, sesama umat muslim juga harus saling bertoleransi, terkadang ada perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam diri umat muslim tersebut. Seperti, menjalankan shalat sunat tarawih, maupun penetapan hari besar agama.

”Pokoknya, kita semua harus bertoleransi. Itulah namanya kebhinekatunggal ika, berbeda-beda tapi tetap satu tujuan,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun Abu Samah mengatakan, masyarakat Karimun sejak dulu sudah menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama maupun antar suku dan etnis. Di Karimun terdiri dari berbagai macam suku dan etnis, namun bisa hidup berdampingan dengan aman, damai dan tentram.
“Kalau toleransi beragama di Karimun ini sudah berjalan aman dari dulu. Tinggal, kita sama-sama menjaganya hingga anak cucu nanti,” jelasnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Karimun M Tang saat pembukaan dialog mengungkapkan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan dialog yang dilaksanakan oleh Bagian Humas Setdakab Karimun tersebut, apalagi tema yang diangkat tentang Toleransi Selama Ramadhan, sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.

“Pemkab Karimun sangat mendukung kegiatan ini. Dimana outputnya bisa memberikan kontribusi kepada daerah dalam toleransi beragama, saat sekarang ini yang sedang melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh bagi umat islam,” ucapnya.

Di tempat yang sama Kabag Humas Setdakab Karimun Eko Riswanto menjelaskan, dialog yang dilaksanakan kemarin merupakan kegiatan kelima kalinya dilaksanakan Humas bersama dengan Jurnalis Karimun, kegiatan pertama tentang KEK, kedua tentang Karimun Bersih, ketiga terkait narkoba, keempat tentang persiapan UKW dan kelima terkait toleransi saat Ramadhan.

Selain dari DPRD Karimun dan LAM Kabupaten Karimun, narasumber yang hadir dalam dialog tersebut adalah Kasat Binmas Polres Karimun AKP Eriman dan Kasi Intel Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun Kapten Inf Eka Nasution. Kegiatan itu juga dihadiri sejumlah pimpinan OKP, Ormas dan tokoh masyarakat Karimun. (tri)

Respon Anda?

komentar