Rabu, 24 April 2024

Dapat Informasi Hoax, Tanyakan Kejelasannya ke Aparat

Berita Terkait

Ilustrasi

batampos.co.id – Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Batam mengingatkan warga kota ini untuk tidak terprovokasi dengan informasi atau berita-berita hoax yang menjurus pada perpecahan. Jika menerima informasi atau isu tersebut, diharapkan agar segera menanyakannya ke aparat keamanan atau pemerintah daerah.

“Kami minta jangan terprovokasi dengan isu hoax yang mau membuat bangsa ini terpecah belah,” ajak Wali Kota Batam Muhammad Rudi usai upacara Hari Lahir Pancasila ke 72 di dataran Engkuputri Batamcenter, Kamis (1/6/2017).

Menurutnya, Batam tidak terlepas dari isu hoax. Untuk itu perlu pernyataan yang tepat agar isu hoax tidak berkembang liar. “Isu pasti ada, tapi bisa kita tepis. Caranya berikan pernyataan yang sesuai, tidak hoax,” katanya.

Sementara, itu Kapolresta Barelang AKBP Hengki berharap masyrakat tidak serta merta menerima mentah isu-isu yang berkembang. Menurutnya, jika masyarakat mendapati berita yang diragukan dan berpotensi memecah bangsa dan dapat menganggu pancasila sebagai dasar negara agar dapat ditanyakan ke pemerintah.

“Tanyakan ke pemerintah atau aparat  jangan cepat terprovokasi. Ada kami, Pemko, Polisi, TNI, DPRD,” ucapnya.

Dandim 0316/Batam Letkol Inf Dwi Sasongko berharap hal serupa, mengajak lapisan masyarakt  menepis hoax.  Selain itu, dia meminta agar masyarakat bahu membahu turut serta membantu aparat dan pemerintah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. “Mari jaga persatuan dan kesatuan, hindari hoax, percayalah bahwa indonesia bisa satu dengan pancasila,” ajaknya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Batam Nuryanto menyampaikan pentingnya kehidupan ber-Indonesia  mengacu pada pancasila. Menurutnya, pancasila mengatur hubungan antar anak bangsa, persatuan bangsa, musyawarah mufakat.

“Pancasila adalah satu kesatuan kepridaian yang harus diamalkan dan menjaga secara bersama dalam bernegara,” ucapnya. (cr13)

Update