Sabtu, 20 April 2024

DED Jalan Lingkar Sekupang Nagoya Telah Selesai Dikerjakan

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam telah merampungkan Detail Engineering Desaign (DED) untuk satu ruas jalan lingkar luar (ring road) Batam yang menghubungkan Sekupang melewati Tanjungpinggir dan Patamlestari menuju Jodoh dan Nagoya.

“Ded baru satu ruas kami selesaikan untuk ruas jalan dari Patamlestari menuju Tiban,” kata Deputi IV BP Batam, Robert Purba Sianipar, Kamis (1/6/2017).

Jalan lingkar luar atau biasa disebut jalan menyusur pantai (beach road) ini akan dibangun sepanjang 60 kilometer. Fungsinya adalah untuk mendukung kawasan industri yang ada di Batam.

Jalan pantai ini merupakan proyek kerjasama dengan pemerintah pusat.”Setelah Ded selesai, maka akan segera ditenderkan,” imbuh Robert.

Saat ini ada sejumlah investor yang berminat untuk membangun kawasan terpadu di Tanjungpinggir. Jika dikembangkan sebagai kawasan terpadu, maka kawasan di Batam akan semakin merata pembangunan investasinya.

Dimana dalam kawasan terpadu dan kawasan industri, saat ini di kawasan Mukakuning Sei Beduk, Tanjung Uncang Sagulung, kawasan industri eloktronik di Batam Kota, kawasan MICE di Nagoya dan Jodoh, Lubuk Baja, Parawisat di Nongsa dan industri di Kabil, Nongsa.

Wacana pembangunan jalan menyusur pantai ini serupa dengan yang akan dilakukan oleh Pemko Batam dengan lokasi yang serupa.

Namun berbeda dengan BP Batam, jalan yang akan dibangun Pemko Batam berfungsi untuk mengalihkan arus lalu lintas yang padat di kota. Proses pembangunan akan dimulai tahun depan.

Karena dana yang cukup besar, Pemko juga akan meminta bantuan kepada pemerintah pusat.

“Kalau hanya APBD pembangungan membutuhkan waktu 10- 15 tahun. Nah dengan adanya bantuan APBN kita bisa kejar pembangunan ini,” kata Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad belum lama ini.

Menanggapi hal ini, Deputi IV BP Batam, Robert Purba Sianipar menyarankan agar anggaran Pemko untuk membangun jalan pantai tersebut dialokasikan ke BP Batam saja.

“Anggarannya dialokasikan ke BP Batam saja. Yang penting jalannya terbangun,” pungkas Robert.(leo)

Update