Kamis, 25 April 2024

Penyerapan Anggaran Capai 35 Persen

Berita Terkait

Bupati Karimun Aunur Rafiq. F. Tri Haryono/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun mengklaim bahwa APBD tahun ini sebesar Rp 1,1 triliun sudah diserap sampai dengan 35 persen. Baik dari sektor belanja langsung dan belanja tidak langsung (BL/BTL).

”Berdasarkan laporan, sampai saat ini serapan anggaran masih normal. Artinya, persentase jika dilihat dari Maret sampai dengan akhir bulan lalu sudah mencapai 35 persen. Persentase ini sebagian besar berasal dari kegiatan belanja tidak langsung masih normal. Dan, juga untuk kegiatan lainnya berjalan lancar,” ujar Bupati Karimun, Aunur, Kamis (1/6).

Kemudian, kata Bupati, untuk belanja langsung memang membutuhkan waktu. Dan, dengan belanja langsung ini akan membuat penyerapan APBD itu lebih besar lagi. Karena, dalam bentuk proyek dan jumlahnya juga besar. Tapi, pelaksanaannya itu membutuhkan waktu, karena melalui proses. Mulai dari proses perencanaan dan kemudian masuk ke lelang elektronik.

”Proses perencanaan itu masing-masing untuk satu jenis proyek. Sehingga, memang membutuhkan waktu. Setelah selesai itu baru bisa dilaksanakan lelang proyek inti. Berdarakan laporan dari Dinas PU dua hari lalu, sudah mulai banyak paket atau proyek yang masuk ke unit layanan pemerintah (ULP) untuk dilelangkan secara online. Kita berharap, tahun ini semuanya dapat dilaksanakan tepat waktu dan berkualitas,” jelasnya.

Dikatakan Bupati, belanja langsung ini jika pekerjaan belum selesai berdasarkan persentase, maka dana dari pemerintah tidak bisa dikeluarkan. Sehingga, uang milik pemerintah yang ada di bank akan menumpuk. Akibatnya, perekonomian akan melambat. Tapi, mudah-mudahan dengan sudah mulai berjalannya proses lelang proyek pembangunan, penyerapan anggaran akan lebih besar dan perputaran uang di masyarakat bisa lebih banyak. (san)

Update