Selasa, 19 Maret 2024

380 KM Jalan Provinsi Rusak

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Provinsi Kepri, Abu Bakar mengatakan pihaknya sudah mengantongi data base jalan-jalan provinsi yang ada di tujuh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri. Menurut Abu Bakar dari 880 kilo meter (km), sebanyak 380 km mengalami kerusakan.

“Kami sudah menyelesaikan penyusunan data base jalan-jalan Provinsi yang ada di Kabupaten/Kota. Dari 880 km, sekitar 500 km jalan provinsi yang kondisinya bagus,” ujar Abu Bakar menjawab pertanyaan media belum lama ini.

Mantan Pejabat Pemkab Karimun tersebut mengatakan, kerusakan jalan yang dibangun Pemprov Kepri tersebut bervariasi, mulai dari berlobang, bergelombang, ambles hingga terputus. Dikatakannya untuk melakukan perbaikan ataupun pemeliharaan jalan provinsi, setiap tahun anggaran Pemprov Kepri selalu menyiapkan anggaran.

“Proses perbaikan yang kita lakukan tentunya secara berkala. Karena apabila dilakukan secara sporadis, tidak sesuai dengan kemampuan keuangan yang kita miliki,” papar Abu Bakar.

Masih kata Abu Bakar, tahun ini Pemprov Kepri tidak menganggarkan perbaikan jalan secara menyeluruh. Kegiatannya pun sedang berlangsung di Kabupaten Lingga, dan Anambas. Dinas PUPR akan melakukan perbaikan pada kerusakan prioritas. Sementara untuk daerah lain seperti di Batam, Tanjungpinang, Bintan, Natuna dan Karimun ada yang masih proses lelang di LPSE Kepri.

“Untuk pemeliharaan kita menyiapkan anggaran sekitar Rp2 miliar lebih. Pemprov Kepri juga sudah mengajukan permohonan ke pemerintah pusat untuk bantuan anggaran perbaikan jalan, dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” paparnya lagi.

Ditambahkan Abu Bakar, pihaknya berharap tahun depan bantuan tersebut bisa terealisasi, agar kegiatan perbaikan jalan bisa langsung dikerjakan. Bantuan dari pusat bukan hanya untuk perbaikan jalan. Pihaknya juga mengusulkan bantuan untuk pembangunan jembatan, peningkatan kualitas jalan dan lainnya.

“Kemampuan kita terbatas, tentunya kita juga butuh dukungan dari pusat. Sehingga rencana-rencana perbaikan bisa terwujud dengan baik,” tutup Abu Bakar.(jpg)

Update