Jumat, 29 Maret 2024

Bulan Ini Curah Hujan Batam Tertinggi

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Hang Nadim Batam melansir curah hujan di Batam pada bulan Mei ini tertinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Tak hanya itu dari data yang dipaparkan oleh Kasi Datin Stamet Hang Nadim, Suratman mengatakan bahwa sangat tinggi dalam beberapa tahun belakangan ini.

“Mei dan November merupakan puncak curah hujan tertinggi di Batam. Tapi bulan ini, curah hujannya lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” katanya pada Batam Pos, kemarin.

Ia mengataka hingga 30 Mei, pihaknya mencatat curah hujan di Batam sebanyak 310,9 mm. Mei tahun 2015 curah hujan di Batam hanya 132,2 mm, lalu di dibulan yang sama tahun lalu 149,6 mm.

“Cukup tinggi, penyebabnya adanya sherline. Sehingga terjadi penumpukan awan di atas Batam. Ditambah kelembaban udara yang tinggi dilapisan awan menengah dan atas,” tuturnya.

Suratman mengatakan dalam rata-rata biasanya curah hujan di Batam dalam satu harinya itu pada kisaran 20 hingga 30 mm. Tapi pada 26 Mei lalu, curah hujan di Batam mencapai 92,6 mm. “Jumat lalu itu, saat banjir melanda Batam,” terangnya.

Tapi kondisi ini kata Suratman tak akan berlangsung lama, diperkirakan hingga awal Juni saja. Setelah itu curah hujan di Batam kembali normal.

Suratman mengatakan mengenai kondisi cuaca seperti ini, ia meminta masyarakat selalu berhati-hati. “Apalagi yang menggunakan moda tranportasi laut, saat hujan lebat diserati angin juga mempengaruhi gelombang. Bila itu terjadi, sebaiknya menepi dahulu,” ungkapnya. (ska)

Update