Selasa, 19 Maret 2024

Lis Janji Harga Kebutuhan Pokok Tetap Stabil

Berita Terkait

batampos.co.id – Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah berjanji menjaga harga kebutuhan pokok di pasaran agar tetap stabil selama Ramadan sampai menjelang idul fitri. Kemudian juga memastikan aagar ketersediaan seluruh komoditas barang selalu ada dan mampu memenuhi permintaan warga.

“Kami terus berupaya keras mengendalikan stabilitas harga dan ketersediaan barang. Dipastikan semuanya aman selama ramadan sampai idul fitri,” ujar Lis di kantornya, Jumat (2/6).

Agar harga tetap stabil dan pasokan barang tetap terjaga, kata Lis Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) akan menggelar pasar murah diseluruh kecamatan. Mulai dari Kecamatan Tanjungpinang Barat, Bukit Bestari, Tanjungpinang Timur dan Tanjungpinang Kota.

Pasar murah itu, lanjut Lis menjual berbagai jenis komoditas barang atau sembako. Diantaranya gula putih, minyak goreng, beras, tepung terigu, sirup, susu kental manis kemasan kaleng, dan telur ayam.

“Harganya dijamin lebih murah dari pasaran. Karena pemerintah telah mensubisidinya sebesar 30 persen,” bebernya.

Selain pasar murah dari Pemko Tanjungpinang, sambung Lis akan hadir juga sembako murah dari berbagi perusahaan yang bergerak dibawah naungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Bahkan kedua badan usaha itu akan mengagendakan pemberian sembako gratis untuk masyarakat kurang mampu di Kota Tanjungpinang.

“Semoga dengan cara ini bisa antisipasi agar harga tidak melonjak. Apabila pun naik, diharapkan dalam batas kewajaran,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Tanjungpinang akan berupaya keras untuk menekan inflasi daerah di tahun ini. Salah satunya menstabilitaskan harga serta menjaga ketersediaan kebutuhan pokok.

“Kita akan usahakan seluruh komoditas pokok tidak naik. Sehingga masyarakat tak diberatkan dalam membeli kebutuhannya,” katanya.

Penekanan harga, kata Riono akan dilakukan melalui partisipasi BUMD dan BUMN di Tanjungpinang. Kedua badan usaha itu akan menjual berbagai kebutuhan pokok lebih murah atau dibawah harga pasaran.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Riono PT Tanjungpinang Makmur Bersama (BUMD-red) akan menjual daging sapi segar dengan harga murah. Kemudian Bulog (BUMN-red) juga akan menjual beras, gula dan daging sapi beku atau es dibawah harga pasaran.

“Mudah-mudahan menjelang hari raya ini kita bisa menikmati komoditas kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” ungkapnya. (ary)

Update