Jumat, 29 Maret 2024

Mimpi Tinggi Seorang Mekanik, Memiliki Pesawat

Berita Terkait

Pean Long dengan pesawat yang dibikinnya sendiri. (Holy Robertson/BBC)

batampos.co.id – Pean Long ialah seorang mekanik biasa. Ia memiliki ambisi yang luar biasa.

Selama tiga tahun, Long bangun tengah malam untuk menonton YouTube. Bukan lihat acara hiburan lho. Dia ingin punya pesawat. Namun karena tidak punya uang untuk membelinya, Long bikin sendiri dengan melihat tutorial di YouTube.

”Awalnya, saya hanya mengetik kata jet,” kata Long.

Dari situ, banyak video yang muncul. Obesesinya mengenai pesawat sudah ada sejak dia berusia enam tahun. Anak keenam petani itu melihat helikopter saat usianya enam tahun. ”Sejak itu, saya selalu bermimpi dan membayangkan punya pesawat sendiri,” katanya.

Dan mimpi itu berusaha diwujudkannya setelah dia menjadi mekanik. Mengambil tempat di garasi belakang rumahnya, lelaki 30 tahun itu berusaha mewujudkan fantasi masa kecilnya. Dia menabung sedikit demi sedikit untuk membeli peralatan dan bahan-bahan yang sebagian besar adalah daur ulang alias barang bekas.

”Awalnya diam-diam. Saya takut ditertawakan. Jadi saya mulai kerja saat malam,” kata warga Provinsi Prey Veng, Kamboja itu. Long sebenarnya ingin membuat helikopter. Tetapi karena dianggap lebih rumit, dia akhirnya membuat desain pesawat tempur Jepang yang digunakan saat Perang Dunia ke-II.

Selama setahun Long membuat pesawat bersayap dengan lebar 5,5 meter itu. Di dalamnya ada kursi pilot yang dibikin dari kursi plastik yang sudah dipotong kakinya, ada panel pengatur yang terbuat dari dashboard mobil, dan bodi pesawat dari kontainer bensin.

Pada 8 Maret lalu, pesawat itu pun diuji coba. Butuh tiga orang untuk mendorong pesawat masuk runway yang berupa jalan umum yang bersebelahan dengan sawah. Ada sekitar 300 orang yang menyaksikan ujicoba itu.

Sukses?

”Saya berhasil terbang di ketinggian 50 meter sebelum pesawat jatuh,” katanya.

Namun, itu sudah cukup buat Long.

”Saya berdiri dan tidak berhenti menangis haru,” ujarnya.

Saat ini, Long punya proyek baru. Dia ingin bikin kapal selam. (BBC/tia/JPK)

Update