Jumat, 29 Maret 2024

Batam Tingkatkan Wisatawan Lewat Perda Produk Halal

Berita Terkait

batampos.co.id – Pengusul Ranperda Pembinaan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis (sehat), Aman mengatakan, peraturan daerah tentang produk halal dan higienis mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk datang ke Batam. Apalagi hal ini memberikan kenyamanan memilih kuliner halal.

“Jaminan produk halal dan higienis bisa menarik wisatawan agar pengunjung tidak lagi was-was, terutama soal makanan. Kita harapkan segera dibahas untuk disahkan,” kata Aman, Selasa (6/6).

Menurut dia, berdasarkan data Majelis Ulama Indomesia (MUI), ada 8.000 ribu produk makanan dan minuman yang beredar di seluruh Indonesia, hanya 870 produsen yang memiliki sertifikasi halal. Kondisi ini tentu menjadi kekhawatiran konsumen untuk membedakan produk halal dan tidak halal.

“Ranperda ini bertujuan memberikan kepastian hukum suatu produk,” tuturnya.

Sertifikasi halal dan higienis menjadi faktor penarik wisatawan agar datang berkunjung. Bahkan di luar negeri sedang menjadi tren adanya label halal di hotel dan restoran. Langkah ini juga harus diterapkan pula pada destinasi wisata halal di Batam agar tidak ada lagi keraguan bagi wisatawan terhadap jaminan keamanan fasilitas atau produk yang tersedia,” ucapnya menambahkan.

Saat ini produk halal tidak hanya kebutuhan umat Islam, melainkan juga umat agama lain.

“Kita bisa melihat Rusia, Tiongkok, Afrika Selatan dan Eropa yang berlomba-lomba membangun industri halal dalam menarik wisatawan di negaranya,” sambung Aman.

Di sisi lain disebutkan, memproduksi makanan yang halal juga akan menambah daya saing perusahaan di pasar global.

“Kami akan jelaskan juga ke pengusaha nanti. Termaksud kami ajak dalam pembahasan bersama MUI Batam, BPOM dan Dinas Kesehatan serta Dinas Pariwisata,” janjinya. (rng)

Update