Foxconn Investasi di Batam, Produksi Smartphone di PT Satnusa Persada

ilustrasi

batampos.co.id – Keinginan Foxconn berinvestasi di Indonesia kini terwujud. Melalui anak usahanya, PT Infocus Consumer International (ICI), perusahaan elektronik raksasa asal Taiwan itu menanamkan modal usaha untuk memproduksi smartphone Sharp di PT Satnusa Persada Tbk, Batam.

“Kami berinvestasi di Indonesia lewat pabrik ICI di Batam. Saat ini untuk memproduksi ponsel sendiri,” ujar Country Director Foxconn Indonesia, Sukaca Purwokardjono, melalui siaran persnya, Rabu (7/6).

Di Batam, ICI menggelontorkan investasi sebesar Rp 50 miliar. Mereka memilih PT Satnusa Persada sebagai mitra usaha. PT Satnusa adalah perusahaan asli Batam yang sudah go public dan dikenal sebagai perakit smartphone Asus dan Xiaomi.

Ponsel Sharp yang diproduksi ICI di Batam akan dipasarkan di Tanah Air. Sharp sendiri telah menjadi bagian Foxconn setelah diakusisi pada Maret tahun lalu senilai Rp 46,5 triliun.

“Saat ini untuk kebutuhan di Indonesia saja. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk menyuplai negara tetangga, kan dekat dari Batam,” kata Sukaca.

Presiden Direktur PT Satnusa Persada, Abidin Hasibuan, mengatakan kepercayaan yang diberikan Foxconn kepada Satnusa menandakan Batam masih menarik bagi investor raksasa luar negeri untuk mengoperasikan usahanya. “Tentu ini butuh dukungan semua kalangan untuk menjaga Batam tetap aman dan kondusif agar investor tenang dan nyaman berada di sini,” katanya, Rabu (7/5).

Abidin berharap, setelah Foxconn akan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan besar dunia masuk ke Batam, sehingga bisa menyediakan lapangan kerja.

“Kami mencoba untuk menarik investor dari Taiwan dan Cina supaya datang ke Batam,” ungkap Abidin.

Foxconn Technology Group adalah sebuah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Taiwan. Mereka adalah perusahaan pembuat komponen elektronik terbesar di dunia, termasuk pencetakan papan sirkuit. (leo)

Respon Anda?

komentar