ilustrasi

batampos.co.id – Demi tampilan sempurna pula, para perempuan rela memakai high heels selama berjam-jam.

Ssstttt…. padahal, pemakaian high heels tanpa aturan mengakibatkan beberapa penyakit.

Spesialis orthopaedi dr Nita Flora SpOT mengatakan, pemakaian high heels juga harus dengan aturan. Sebab bila menggunakan high heels secara sembarangan, terdapat beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan. Efek jangka pendeknya, penggunaan high heels bisa memicu sprain ankle atau cidera pada pergelangan tulang kaki. Biasanya kita kenal keseleo.

Khususnya saat menggunakan high heels ekstrem. Seperti memakai stiletto 7-15 sentimeter selama berjam-jam tanpa rehat. Ligamentum lateral kompleks yang terdapat di pergelangan kaki bisa mengulur dan sobek. High heels memang membuat permukaan kaki tidak menumpu sempurna pada lantai.

’’Sebagian kasus bahkan memerlukan operasi,’’ tutur Nita.

Efek samping lain yakni peradangan pada bola kaki dan sekitarnya. Hal itu bisa disebabkan oleh beban bagian tulang metatarsa selama seseorang mengenakan high heels. Setiap kaki mempunyai lima tulang metatarsal. Saat bergerak, salah tulang metatarsal dan jari-jari kaki inilah yang menopang berat badan.

’’Biasanya rasanya nyeri, linu, mati rasa, kesemutan, itu bisa jadi gejala,’’ ulasnya. Pengobatan penyakit ini masih terbilang mudah, sebab bila sudah merasakan gejala, seseorang bisa mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri. (ina/JPG)

Respon Anda?

komentar