Rabu, 17 April 2024

Pembaca, Catat Tanggal Pendaftaran Kelas Epcos SMKN I Batam Ya…

Berita Terkait

Suasana pendidikan di SMKN 1 Batam.  F-Dalil Harahap/Batam Pos.

batampos.co.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Batam menerapkan Pendidikan Sistem Ganda (Dual System) khusus untuk kelas Mekatronik Epcos di tahun ajaran baru nanti. Ini merupakan pola belajar industri yang mana sistem belajarnya tiga hari di sekolah dan tiga hari di Industri.

Menariknya lagi siswa yang masuk ke kelas Epcos ini juga akan mendapat insentif atau uang saku sejak kelas 10 atau tahun pertama masuk sekolah.

Kepala SMKN I Batam Lea Lindrawijaya mengatakan, penerapan pola ini sesuai dengan contoh pendidikan ganda yang diterapkan di Jerman guna mencetak lulusan yang memiliki komptensi lebih siap kerja.

“Ini kerja sama dengan PT Epcos Indonesia di Batam. Oriantasinya tamat bisa langsung kerja. Tapi kalau anak mau kuliah ya tak apa-apa,” ujar Lea.

Sesuai dengan kebijakan dari Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI kelas Mekatronik Epcos ini juga masuk dalam program belajar empat tahun dan saat tamat nanti siswa dari kelas ini sudah setara dengan Diploma I (D1).

“Untuk tahun pertama hanya menerima 20 siswa saja,” kata Lea.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk kelas Epcos ini sama dengan yang lain yakni pada tanggal 3 Juli mendatang. Prosedur pendftaran mulai dengan pengambilan token atau password di Sekolah agar bisa akses ke website sekolah. Token tersebut sudah bisa diambil mulai tanggal 30 Juli mendatang. Setelah dapat token calon siswa bisa mengisi data-data persyaratan pendaftaran pada formulir yang ada di website sekolah tersebut sebelum daftra secara off line ke sekolah.

“Khusus untuk kelas Epcos ini, untuk sesi testnya akan dilakukan tim gabungan dari sekolah dan pihak PT Epcos, karena pihak Epcos memang terlibat langsung dengan kelas ini nanti,” terang Lea.

Jika diterima dan lolos test PPDB tersebut, siswa yang masuk kelas Epcos ini juga akan mendapat insentif dari pihak PT Epcos. “Insentifnya langsung didapatkan mulai tahun pertama itu juga dan saat tamat nanti kalau mau langsung kerja mereka masuk level teknisi,” ujar Lea. (eja)

Update