Bupati Bintan Hapri Sujadi, bersama presenter program acara traveling My Trip My Adventure (MTMA) Richard Kyle dan Rikas Harsa membawa lampu cangkok, di Desa Air Glubi, Kecamatan Bintan Pesisir, Selasa (6/6) malam. F.Humas pemkab Bintan untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Ketua PKK Kabupaten Bintan Hj Deby Apri Sujadi mengajak presenter program acara traveling My Trip My Adventure (MTMA) Richard Kyle dan Rikas Harsa ke Desa Air Glubi Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan, Selasa (6/6) malam.

Di sana, Apri memperkenalkan tradisi dan budaya pemasangan lampu cangkok selama di bulan Ramadan, di desa tersebut, yang sudah menjadi objek destinasi wisata.
“Di sini berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Karena, masyarakat Bintan masih menjaga tradisi dan budaya memasang lampu cangkok sempena bulan Ramadan,” kata Apri.

Tradisi dan budaya ini, lanjut Apri, akan terus didukung dan dilestarikan Pemkab Bintan sebagai bagian dari jati diri masyarakat Melayu Kabupaten Bintan.

Ditambahkannya, tradisi menyalakan lampu cangkok atau lampu pelita sudah dilakukan sejak masa lalu, dan diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat Melayu. Dan, biasanya lampu cangkok diletakkan di sekitar masjid, di penjuru jalan, halaman rumah, juga teras-teras rumah warga.

Oleh karena itu, Pemkab Bintan menggelar acara lampu cangkok, yang puncaknya digelar pada malam 27 Ramadan bertepatan menyambut malam Lailatul Qadar hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri. (cr21)

Respon Anda?

komentar