Kamis, 25 April 2024

Bintan Kekurangan 29 Ruang Kelas SD

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan memperkirakan daya tampung siswa baru pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bintan cukup. Meski sebenarnya ruang kelas SD saja yang masih kurang.

Kabid SMP pada Disdik Kabupaten Bintan Miraj mengatakan, diperkirakan lulusan SD di Kabupaten Bintan mencapai sekitar 3.200. Dari jumlah itu, ia mengklaim, daya tampung sekolah di tingkat SMP masih cukup.

Akan tetapi, kata Miraj, pihaknya tetap mengantisipasi membeludaknya siswa baru pada tahun depan terutama di daerah yang padat penduduknya seperti Kecamatan Bintan Timur, Kecamatan Bintan Utara, Seri Kuala Lobam dan Kecamatan Gunung Kijang. “Makanya, kami terus mengupayakan agar pendistribusian siswa baru tidak menumpuk pada satu sekolah,” katanya, Kamis (8/6).

Data dari Disdik Bintan, jumlah SMP Negeri di Bintan sebanyak 28 sekolah, MTS Negeri 1 sekolah, MTS swasta 7 sekolah, SMP swasta 4 sekolah. Jumlahnya, sekitar 40 sekolah.
Sementara itu,. Kabid SD pada Disdik Kepri, Johari mengatakan, saat ini rombongan belajar tingkat SD se Bintan sekitar 541, sedangkan jumlah ruang kelas yang tersedia sebanyak 512 sehingga untuk SD di Bintan masih kekurangan 29 ruang kelas atau ruang belajar. Karena itu, ada sekolah yang melaksanakan proses belajar mengajar ada yang masuk siang. “Kita akan ajukan penambahan RKB tahun anggaran yang akan datang,” katanya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bintan Fiven Sumanti mengatakan, daya tampung sekolah di Bintan masih cukup, baik SD dan SMP. Untuk tahun ini, katanya, telah dialokasikan anggaran untuk perbaikan sarana dan prasarana di bidang pendidikan. (cr21)

Update