Jumat, 29 Maret 2024

Drainase Atasi Genangan Air di Anjung Cahaya

Berita Terkait

batampos.co.id – Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengintruksikan agar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bisa berupaya keras mengantisipasi terjadinya genangan air di Kawasan Anjung Cahaya, Kelurahan Tanjungpinang Barat. Sebab kawasan itu sangat penting dalam peningkatan ekonomi kreatif serta rekreasibagi warga.

“Anjung Cahaya merupakan kawasan yang sangat penting bagi warga Tanjungpinang. Jadi kita minta Dinas PUPR bisa memperbaiki pembuangan agar tidak terjadi genangan air disana,” ujar Lis, kemarin.

Hasil pantauannya selama ini, kata Lis jika curah hujan tinggi. Aliran air tak mampu ditampung dan dialirkan langsung ke laut sehingga meluap dan menggenai halamanAnjung Cahaya. Itu terjadi karena resapan air sudah jadi beton, dan tempat jalur air dipersempit.

Melihat kondisi itu, lanjut Lis harus dilakukan pembuatan drainase dan penutupnya. Meskipun anggaran Pemko Tanjungpinang tidak memadai, tetapi permasalahan ini tak boleh dibiarkan berlarut-larut karena masyarakatlah yang terbebani.

“Kami akan tanggani sendiri melalui APBD 2017 ini,” bebernya.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis PUPR Tanjungpinang, Amrialis mengatakan akan segera membuat pentutup drainase atau kanal sekaligus membuat drainasenya di Anjung Cahaya.

Sebab dinasnya telah menganggarkan untuk penanganan banjir disana sebesar Rp 94 juta. “Proyeknya akan dikerjakan secepat mungkin. Sehingga jika hujan lebat air tak tergenang di kawasan tersebut,” sebutnya.

Alokasi dana sebesar Rp 94 juta itu, kata Amrialis digunakan untuk pembuatan tutup drainase atau kanal sekaligus pembuatan drainasenya sebesar Rp 80 juta. Kemudian biaya pengawasannya Rp 7 juta dan biaya perencanaannya Rp 7 juta.

“Sebelum akhir tahun ini proyeknya sudah terealisasilah,” ungkapnya. (ary)

Update