Sabtu, 20 April 2024

H-16 Lebaran, TKI mulai Mudik via Hang Nadim Batam

Berita Terkait

Calon penumpang Pesawat memadati pintu keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam. F Cecep Mulyana/batam Pos

batampos.co.id – Lebaran masih 16 hari lagi, tapi Bandara Internasional Hang Nadim sudah mulai dipadati penumpang. Dari pantauan Batam Pos, kebanyakan yang berdesak-desakan saat memasuki terminal para TKI asal Malaysia. Mereka ingin berlebaran di kampung halamannya masing-masing.

“Penumpang dari Batam dan sekitarnya (Kepri,red) masih sepi,” kata General Manager Operasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Sabtu (10/6/2017).

Namun melihat grafik penumpang yang berangkat dari Hang Nadim, sudah terlihat ada lonjakan. Pada Selasa (6/6) penumpang di Hang Nadim sebanyak 6.078 orang. Lalu Rabu (7/6) mulai terlihat ada kenaikan jumlah penumpang yakni sebanyak 6.998.

Sementara itu pada Kamis (8/6), terlihat sekali lonjakan penumpang. Dari data Hang Nadim tercatat orang yang keluar dari Batam sebanyak 9637 orang.

Melihat grafik ini, Suwarso mengatakan kebanyakan yang mudik tersebut adalah para TKI.

“Itu saudara-saudara kita yang bekerja di Malaysia, dan ingin menikmati Lebaran di kampungnya,” ucap Suwarso.

Para TKI ini masuk ke Batam dari Malaysia, dengan menggunakan jalur laut. Dan kebanyakan mereka selalu dalam satu rombongan besar. Dari Batam mereka akan terbang menuju ke beberapa daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB.

Salah seorang TKI yang ditemui Batam Pos di depan terminal keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim mengatakan sudah 2 tahun tidak pulang ke kampungnya.

“Tapi kali ini saya pulang, uangnya sudah cukup dan dapat izin dari bos,” ujar TKI asal Malaysia yang bernama Sudarmadji itu.

Ia mengatakan akan pulang ke Jawa Tengah. Ia mengungkapkan seminggu setelah Lebaran, akan kembali lagi ke Malaysia.

“Pasti balik lah Pak, kalau gak mau makan apa anak dan istri di kampung,” tuturnya. (ska)

Update