Selasa, 19 Maret 2024

Pemda Minta Pelni Tetap Melayani Selama Mudik Lebaran

Berita Terkait

Kapal Bukit Raya saat berlabuh di Pelabuhan Natuna. F. batampos

batampos.co.id – Meski arus mudik lebaran belum terlihat di Natuna, namun Pemerintah Daerah mengantisipasi lonjakan penumpang khususnya transportasi di jalur laut.

Kepala Bidang Perhubungan laut Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Sapta Nugraha mengatakan, Pemerintah Daerah sudah menyurati PT Pelni agar tahun ini tidak mengalihkan rute kapal Bukit Raya yang biasa melayani rutenya ke Natuna.

Sebab sambung Sapta, dua tahun lalu KM Bukit Raya sudah mengalihkan rute pelayarannya. Sehingga untuk rute ke Natuna dikosongkan. Sehingga menyebabkan arus mudik lebaran jalur laut di Natuna menjadi terkendala.

“Sudah dua tahun ini KM Bukit Raya setiap arus balik lebaran, dialihkan rutenya. Tapi tahun ini kami sudah meminta kepada PT pelni supaya tetap melayani ke Natuna,” kata Sapta, Jumat (9/6).

Jadwal KM Bukit Raya disaat arus mudik lebaran diganti KM lawit, namun jadwalnya tidak tepat. Inilah yang menjadi persoalan bagi bagi masyarakat. Padahal jalur laut adalah tumpuan sebagian besar masyarkat di Natuna.

“Sejauh ini PT Pelni sudah menyetujui, tidak mengalihkan jadwal pelayaran KM Bukit Raya ke Natuna,” ujar Sapta.

Tidak hanya itu sambungnya, Pemerintah Daerah juga meminta kapal Perintis dapat sandar di pelabuhan Penagi untuk membantu menyebrangkan penumpang arus mudik lebaran. Saat ini kapal perintis masih merapat di pelabuhan Selat Lampa.

“Antisipasi lonjakan penumpang, Perintis juga merapat di pelabuhan Penagi. Kami siapkan pemandu rambu, karena rambu lautnya masih rusakm” ujar Sapta.

Antisipasi lonjakan penumpang arus mudik sebut Sapta, Pemerintah Daerah juga masih melobi pihak swasta agar membuka layanan feri cepat dari Tanjungpinang ke Natuna.

“Tapi sekarang masih proses lobi. Pihak swasta masih menghitung biaya operasional. Feri cepat untuk antisipasi melonjaknya penumpang mudik ujar Sapta.(arn)

Update