Rabu, 24 April 2024

Senin, Simpang Jam Bisa Dilalui Lagi

Berita Terkait

Pekerja menggesa pembangunan jemabatan layang di Simpang Jam, Baloi, Lubukbaja, Sabtu (10/6). Jembatan ini akan dibuka kembali Senin setelah penutupan selama 40 hari karena sudah tersambung jembatan tersebut. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Setelah ditutup sejak 10 Mei lalu, mulai Senin (12/6) arus lalu lintas dari arah Sekupang menuju Batam Center akan kembali lancar, setelah sebelumnya ditutup selama kurang lebih satu bulan.

Kepala Satuan Kerja (Satker) jalan layang Simpang Jam, Andre Sahatua Sirait mengatakan selain peninggian badan jalan, selama penutupan jalan pihaknya juga melakukan penyambungan antara badan jalan layang.

“Bagian atas sudah menyatu, dan peninggian jalan juga telah selesai kami kerjakan,” ujarnya, Jumat (9/6).

Andre menambahkan, proses peninggian jalan ini dilakukan karena keadaan jalan yang rendah. Pengerjaan jalan sebenarnya sudah rampung dilakukan minggu lalu, namun karena adanya pemasangan pipa milik PT Adhya Tirta Batam (ATB) pembukaan baru bisa dilakukan Senin depan.

Disinggung mengenai proses pengerjaan jalan layang ini, Andre menjelaskan sudah berjalan 68 persen. Saat ini pihaknya masih harus menyelesaikan struktur bangunan.

“Tahap penyambungan telah selesai, tapi kerjaan lain masih banyak hingga tahap finishing nanti,” ucapnya.

Proyek senilai Rp 180 miliar itu direncanakan akan selesai pada akhir November nanti. Selain fokus pada bangunan fisik, pihaknya juga harus mempersiapkan pemasangan lampu hiasan, dan pembuatan taman untuk memperindah jalan layang.

“Oktober kami sudah mulai pembuatan taman di sisi jalan layang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur mengatakan jembatan sepanjang 460 meter dan lebar 32,2 meter ini direncanakan akan selesai pada akhir November nanti. Pembangunan jalan layang ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam mengurai kemacetan yang terjadi, terutama saat jam- jam sibuk.

“Senin ini sudah mulai dibuka,” ucap Yusmasnur.

Jalan layang pertama di Batam ini direncanakan akan selesai November mendatang. (cr17)

Update