Kemenkumham Bantah Rekrut CPNS Baru

236

batampos.co.id – Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, tak ada rencana penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham.

’’Saya langsung cek ke tim panselnas (panitia seleksi nasional, red) belum ada rencana pengangkatan CPNS baru,’’ katanya di Jakarta kemarin (10/6).

Jagat media maya kemarin (10/6) dihebohkan dengan beredarnya surat pengumuman penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Di dalam surat yang diteken Menkumham Yasonna H. Laoly itu dinyatakan bahwa kuota CPNS baru mencapai 17.526 orang.

Herman mengatakan sudah menjadi keputusan nasional, bahwa pengumuman rekrutmen CPNS baru satu pintu. Yakni ada di bawah panselnas Kementerian PAN-RB. Jadi bukan masing-masing kementerian atau lembaga yang mengumumkan lowongan CPNS baru.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang itu menjelaskan skema pengumuman lowongan CPNS baru persis saat dibuka lowongan untuk sekolah kedinasan. Yakni melalui website resmi Kementerian PAN-RB atau di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dengan sistem pengumuman dan pendaftaran yang terpusat itu, bisa mencegah praktik percaloan.

Di dalam surat pengumuman CPNS baru di Kemenkumham itu memang tidak disertai dengan nomor kontak pembuatanya. Namun Herman berharap masyarakat hati-hati. Sebab kabar lowongan CPNS baru sangat sensitif dan sering menjadi modus penipuan.

Dengan bekal surat tersebut, oknum penipu bisa saja menebar informasi sesat ke masyarakat. Bahwa dia bisa bisa membantu meloloskan menjadi CPNS baru Kemenkumhan. Tentunya dengan imbalan uang puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Herman menegaskan penerimaan CPNS baru baik itu di sekolah kedinasan, instansi pusat, maupun daerah gratis.

Sementara itu website resmi Kemenkumhan sudah mengklarifikasi beredarnya kabar lowongan CPNS tersebut. Menurut pengumuman yang ditampilkan, sampai kemarin belum ada surat resmi lowongan CPNS baru di Kemenkumham. Sehingga Kemenkumham tidak bertanggungjawab atas surat tersebut.

Di dalam surat itu sekilas memang tampak meyakinkan. Diantaranya ditampilkan juga rincian formasinya. Formasi dengan kuota paling banyak adalah untuk jabatan petugas penjagaan (kualifikasi pendidikan SMA) sebanyak 14.000 kuota. Disusul kemudian jabatan analisis keimigrasian dengan kuota mencapai 2.278 orang. Di surat hoax itu ditulis bahwa pendaftaran dibuka mulai 25 Juli sampai 28 Agustus. (wan)

Respon Anda?

komentar