Honda Seriusi Mobil Listrik

456
Wartawan Jawa Pos Gunawan Sutanto (tengah) mendapatkan penjelasan mengenai produk mobil listrik Honda Clarity Fuel Cell di Honda Motor Riset and Development di Utsunomiya, Jepang, pekan lalu (6/6). (Jawa Pos Photo)

batampos.co.id – Honda Motor serius pengembangan electric vehicle (EV). Hal itu tertuang dalam visi 2030 mereka.

Honda menargetkan peningkatan penjualan kendaraan listrik hingga dua pertiga dari penjualan di seluruh dunia pada 2030.

Pernyataan itu disampaikan CEO Honda Motor Co., Ltd Takahiro Hachigo dalam Honda Journalist Meeting 2017 di Utsunomiya, Jepang, Senin (5/6).

Salah satu yang menjadi perhatian media ialah perkembangan kendaraan listrik serta automated driving technologies. Hachigo mengatakan, keseriusan Honda mengembangkan kendaraan listrik ditunjukkan dengan dibentuknya divisi khusus yang diberi nama Divisi Pengembangan Kendaraan Listrik.

’’Itu tim khusus yang akan memimpin pengembangan seluruh kendaraan listrik, termasuk powertrain dan bodi,’’ kata Hachigo. Sejumlah kendaraan listrik Honda memang sudah siap diluncurkan ke publik. Untuk mobil, mereka punya Clarity dengan tiga varian. Yakni, full cell, hybrid, dan electric.

Untuk sepeda motor, mereka punya electric scooter yang akan diperkenalkan pada 2018. Berbagai kendaraan listrik Honda itu akan diluncurkan di negara-negara yang secara infrastruktur telah memadai. ’’Juga, secara regulasi pemerintahnya mendukung,’’ kata Tetsuya Hasebe. Menurut dia, di luar Jepang, India termasuk negara yang siap menerima mobil listrik.

Selain teknologi EV, Honda berfokus pada pengembangan kendaraan automated driving alias mobil yang bisa nyetir sendiri. Dalam acara Honda Journalist Meeting 2017, teknologi automated driving diujicobakan pada dua mobil Honda, yakni Accord dan Legend.

Pengembangan teknologi automated driving sebenarnya dimulai Honda sejak 2000. Pada 2020 nanti diharapkan teknologi tersebut sudah bisa diadaptasi di jalan tol. Kemudian, dikembangkan lebih lanjut untuk jalanan umum. ’’Kami masih terus menyempurnakan teknologi ini,’’ kata Yoshiyuki Matsumoto, president and CEO Honda R&D Co., Ltd. (gun/c15/sof)

Respon Anda?

komentar