Jumat, 29 Maret 2024

Ngakunya Curi Motor untuk Jajan

Berita Terkait

Ilustrasi
batampos.co.id – Jajaran Polsek Batamkota meringkus dua orang pelaku kasus pencurian sepeda motor, Jumat (9/6/2017). Ironisnya, salah satu pelaku berstatus anak di bawah umur. Keduanya adalah Ah, 16 dan Reza Alfanal, 18, yang beralamatkan di Ruli Baloi Kolam, Batamkota.

Kapolsek Batamkota Kompol Arwin mengatakan, penangkapan terhadap dua anak di bawah umur ini bermula dari adanya laporan korban, Abdul Muin, 36, warga Perumahan Botania Blok C12 nomor 2b, Batamkota yang kehilangan sepeda motor di teras rumahnya.

“Berdasarkan informasi masyarakat, diketahui bahwa salah satu pelaku sedang berada di Ruli Baloi Kolam,” ujarnya.

Dari informasi tersebut, kemudian Unit Opsnal Polsek Batamkota melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap salah satu pelaku berinisial Ah. Ah kemudian digelandang ke Mapolsek Batamkota untuk dilakukan pengembangan.

“Dari keterangan Ah, diketahui bahwa dia mencuri tidak sendiri. Dia mencuri bersama temannya yang berinisial Ra,” katanya.

Dari keterangan Ah, Unit Opsnal Polsek Batamkota kembali melakukan pengembangan untuk mencari Reza. Dari hasil pengembangan itu, akhirnya Reza berhasil diamankan di kawasan Bengkong Nusantara bersama sepeda motor yamaha vega tanpa dilengkapi dengan nomor polisi.

“Dari penangkapan kedua pelaku, kita amankan barang bukti tiga unit sepeda motor. Mereka kita kenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama tujuh tahun,” katanya.

Sementara itu, dari pengakuan keduanya, mereka telah mencuri sepeda motor sebanyak lima kali di wilayah hukum Polsek Batamkota. Uang hasil penjualan sepeda motor itu mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Uangnya untuk jajan. Selama ini tidak bekerja,” ujar Reza.

Dijelaskan Reza, saat mencuri sepeda motor milik Abdul Muin itu, mereka pergi dengan menggunakan satu sepeda motor ke arah Batamcenter dengan tujuan untuk mencuri. Kemudian mereka masuk ke Perumahan Botania dan melihat sepeda motor korban yang sedang terparkir.

“Kunci kontaknya dirusak pakai gunting. Setelah hidup langsung bawa pulang,” katanya. (cr1)

Update