Kamis, 25 April 2024

Pekerja Temukan Bom Sepanjang 136 Centimeter

Berita Terkait

Mortir ditemukan di areal proyek perluasan kilang Pertamina, Jalan Yos Sudarso, Gunung 10. Sampai kemarin sore, evakuasi belum dilakukan karena ukuran dan beratnya yang tak mampu diangkat manusia. (Polda Kaltim for Kaltim Post)

batampos.co.id – Sebuah benda mirip bom pesawat yang diduga sisa dari zaman perang ditemukan pekerja. Benda tersebut memiliki panjang 136 cm. Dengan lingkar keseluruhan 157 cm dan berdiameter 46 cm.

benda mirip bom Ini ditemukan saat pekerja Pertamina melakukan pengerukan di kawasan Land Reparation RDMP Pertamina, di Jalan Yos Sudarso, Gunung 10, Balikpapan, Minggu (11/6) sekira pukul 14.20 Wita.

Khawatir memicu reaksi, bom dijaga aparat keamanan TNI-Polri beserta pihak keamanan Pertamina. Bom tidak berhasil dievakuasi lantaran bobotnya yang cukup berat. Diperlukan crane untuk mengangkatnya.

“Bukan bom yang baru ditaruh ya. Ini cuma peninggalan perang dulu. Istilahnya mungkin dikonfirmasi lagi ke polisi, kalau di laporan ditulis mortir. Saat ini sudah diperiksa Sat Obvitnas Polres,” ujar Area Manager Communication & Relation Pertamina Alicia Irzanova.

Berdasarkan pantauan di lokasi, anggota Gegana berseragam lengkap melakukan identifikasi terhadap benda yang diduga bom zaman perang. Berseragam lengkap dengan rompi pelindung berwarna hitam, sambil menenteng senjata mereka berada di sekitar lokasi penemuan alat peledak tersebut.

Gerbang masuk areal kilang side B kemudian ditutup aparat keamanan. Tim Gegana yang masuk kemudian langsung mensterilkan lokasi penemuan. Bom yang tergeletak di tanah itu sudah berkarat. Namun, kemungkinan besar masih aktif. Untuk menjaga keamanan, truk yang biasa mondar-mandir di areal pengupasan tidak terlihat melintas.

“Besar sekali (bom). Enggak bisa diangkut tenaga manusia. Harus pakai crane,” kata seorang petugas keamanan yang berjaga di lokasi.

Hingga sore kemarin, petugas menyebut sedang menunggu tim perbantuan dari Jihandak Yonzipur 17/AD. Dikabarkan tim tersebut akan membawa alat pengangkut atau crane untuk memudahkan evakuasi. (*/rdh/rsh/k15/fab/JPG)

Update