Ilustrasi (David Prasetyo/Jawa Pos)

Ryonghung iPad, kini menjadi buah bibir di jagat. Akhir Mei gadget besutan Korea Utara dirilis.

Gadget ini diklaim sebagai gadget tercanggih yang pernah ada, sangat fenomenal, dan mendapat banyak pujian dalam pameran produk sains dan teknologi. Ya. Itu adalah iPad. Generasi lawas. Yay.

Fitur-fitur iPad ala Korut itu dipaparkan di Foreign Trade, majalah milik pemerintah negara tersebut.

”Ryonghung iPad adalah produk populer yang punya beragam fungsi seperti membaca beragam sumber info digital dan dokumen. Ia juga punya lebih dari 40 aplikasi,” klaim mereka di majalah tersebut. iPad itu juga dilengkapi keyboard yang tersambung di casing.

Spesifikasinya benar-benar mirip tablet rilisan superlawas. Lebar layar 8 inci, memori internal 8 GB, dan RAM 1 GB. Plus sambungan internet (katanya) cepat. Jika ada fitur yang boleh dibilang sebagai keunggulan, mungkin aplikasi bawaannya yang keren. Aplikasi itu mengklaim mampu mendiagnosis sekitar 1.200 penyakit beserta obatnya. Sakti benar.

Namun, ada satu pe-er besar buat Myohyang IT Co., pabrikan tablet tersebut. Yakni, perkara nama. Nama dagang iPad sudah jadi milik Apple. Bisa jadi, Korut tersandung perkara hak cipta. Sebelumnya, mereka punya produk yang Apple banget. Seperti laptop buatan Blue Sky, yang sangat mirip iMac. Mungkin sebentar lagi mereka menemukan Macintosh. (News Week/fam/c10/na)

Respon Anda?

komentar