Selasa, 19 Maret 2024

Lonjakan Arus Mudik Sudah Terlihat

Berita Terkait

Emran. F. Wijaya Satria/Batam Pos

batampos.co.id – Walau masih terhitung dua pekan lagi lebaran baru tiba, namun peningkatan jumlah penumpang arus mudik di Pelabuhan Jagoh sudah tampak dibanding hari biasa. Menurut petugas Syahbandar Dabo Singkep, Emran, peningkatan jumlah kedatangan penumpang berkisar 10 persen hingga 15 persen.

“Sudah tampak peningkatan kedatangan atau arus mudik. Di pelabuhan Jagoh peningkatan kedatangan penumpang antara 10 hingga 15 persen,” kata Emran ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/6) pagi.

Lebaran tahun lalu Emran menyatakan adanya sejumlah kendala dialami untuk memenuhi transportasi lebaran. Prediksi Emran, tahun ini kondisi tersebut mungkin berulang kembali, pasalnya tidak adanya angkutan penumpang laut atau kapal yang berasal dari Lingga. Tentunya hal ini menjadikan rentan kekurangan armada.

Selain itu, masih banyak kendala yang mestinya disampaikan atau dibicarakan dengan pemerintah provinsi. Sayangnya, aku Emran, Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga tidak hadir dalam kegiatan Rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan angkutan lebaran di Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang untuk menyampaikan sejumlah kekurangan tersebut agar dapat dipecahkan bersama.

“Saya tidak dapat menyampaikan banyak, pada kesempatan itu karena Dinas Perhubungan Lingga tidak hadir saat itu,” ujar Emran.

Pria berkumis itu juga mempertanyakan terkait kapal Lintas Kepri yang didengung-dengungkan sejak tahun lalu akan masuk dan melayani pelayaran di Kabupaten Lingga, namun hingga saat ini kapal tersebut belum juga masuk. Semestinya, masih Emran, penyampaian masalah tersebut menjadi domain Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga.

Emran juga memastikan dalam kegiatan tersebut seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri tampak hadir bahkan dari instansi pertikal seperti yang di emban Emran saat ini. Namun Emran memastikan setiap armada atau kapal yang berasal dari pelabuhan yang termasuk dalam wilayah Syahbandar Dabo Singkep telah diingatkan untuk menjaga keselamatan berlayar.

Selain itu, Emran juga terus melakukan pengecekan armada kapal angkutan penumpang secara berkala untuk menjamin keselamatan penumpang saat berlayar. Pria berkacamata itu juga mengaku telah menyampaikan sejumlah arahan untuk keselamatan kepada nakhoda.

“Minimal Nakhoda mencari tempat berlindung jika terjadi kondisi cuaca yang tidak baik,” kata Emran. (wsa)

Update