Mudik, Pelabuhan Punggur Buka

 Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Menghadapi datangnya arus mudik lebaran, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan membuka pelabuhan Punggur dan Sekupang. Namun hanya satu lantai saja yang beroperasi dari tiga lantai yang ada.

Deputi III BP Batam, Eko Santoso Budianto mengatakan pengoperasian dalam skala terbatas ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik.

“Mengapa operasi terbatas. Karena kalau semua lantai dioperasikan, bisa timbulkan macet parah,” kata Eko tentang pengoperasian terbatas di pelabuhan Punggur, Selasa (13/6).

Eko menjelaskan secara lokasi, Pelabuhan Punggur tidak memiliki lokasi yang bagus karena berada dibawah jalan utama yang bersifat satu arah.

Sedangkan lantai tiga dari gedung baru berada tepat di pinggir jalan. Sehingga jika dioperasikan, potensi kemacetan sangat besar terjadi.”Apalagi kadang di jalan nanti ada truk atau kontainer lewat, kan tak boleh kehilangan momentum. Bisa kecelakaan nanti,” ungkapnya.

Meskipun hanya satu lantai beroperasi, namun Eko menjanjikan suasana mudik bakal aman dan nyaman. Karena lantai satu sudah dilengkapi pendingin ruangan dan musholla.”Sedangkan lantai dua dan tiga akan dibenahi dulu,” jelasnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk Pelabuhan Sekupang. Pelabuhan ini beroperasi satu lantai karena belum memiliki sistem lift barang yang memadai.”Masih ada tambahan yang harus dilakukan. Pemisahan barang dan penumpang, sehingga masih harus ditambah lift barang,” ujarnya.

Selain itu area komersil yang ada di lantai dua belum memiliki sistem sanitasi sehingga harus dibenahi dulu.”Belum lagi masih ada kebocoran. Kami masih menanti anggaran. Kalau dipaksakan dibuka, bisa repot nanti,” pungkasnya.(leo)

Respon Anda?

komentar