Apartemen Itu Terbakar Habis

batampos.co.id – Sebuah apartemen berlantai 24 di London, Inggris dilalap api, Rabu (14/6/2017) pagi waktu setempat.

Api pun melahap bangunan Grenfell Tower yang terletak di Jalan Latimer, White City, London, itu.

Kejadian tersebut menimbulkan kepanikan. Pasalnya, saat kejadian, sebagian besar penghuni apartemen masih berada di dalam unit mereka. Mereka berteriak minta tolong untuk diselamatkan dari balkon. Ada yang nekat turun dengan tali atau membuat jalinan dari sprei untuk menyelamatkan diri dengan keluar apartemen.

Api tersebut menyebar dari lantai dua sampai ke atap. Ada 200 pemadam kebakaran yang berjuang untuk memadamkan api. Polisi, 40 mobil PMK, dan helikopter ikut membantu pemadaman dan penyelamatan penghuni.

”Asap yang dihasilkan dari kebakaran itu sangat banyak. Baunya menyengat. Bagunan itu terbakar habis. Hanya sebagian kecil yang masih belum tersentuh api,” ujar Tim Downey, seorang warga yang tinggal 600 meter dari kompleks apartemen itu.

”Semua jendela hancur. Reruntuhan berjatuhan. Panas luar biasa. Api tersebut menyala mengelilingi blok itu,” sambungnya menceritakan mengenai gedung yang dibangun pada 1974 itu.

Tim pemadam kebakaran London mengatakan kalau mereka berusaha keras untuk memblok api agar tidak berlanjut. ”Kami juga terus berusaha menyelamatkan penghuni yang masih terjebak dalam gedung,” ujar seorang petugas PMK.

Api itu merambat dengan cepat. Gedung Grenfell Tower berlantai 24 itu pun berselimut api. Sebagian penghuni masih berada di dalam gedung ketika api

Dibutuhkan 200 personel PMK dengan 40 mobil damkar yang diterjunkan untuk memadamkan api di gedung yang terletak di bagian barat London, Inggris itu.

Korban sementara, enam orang tewas dan 50 lain mendapatkan perawatan di RS dengan berbagai penyebab. Api yang diduga berawal dari lantai dua, menyebar dengan cepat sampai lantai atap. Gedung berusia 43 tahun yang dibangun pada 1974 itu pun dilalap api. Usaha keras pemadam kebakaran tidak mampu menyelamatkannya. Seluruh bagian gedung hangus.

Saksi mata mengatakan kalau mereka mendengar orang-orang di dalam gedung berteriak minta tolong.  Gedung yang terletak di North Kensington itu terdiri atas 120 rumah dan ditinggali 500 orang.

”Ini seperti kejadian yang hanya ada di film-film horor. Semua ini mengerikan. Ada penghuni yang berteriak untuk menolong anaknya. Dia pun melempar anaknya dari jendela untuk diselamatkan orang di bawahnya,” ujar seorang saksi mata.

Kisah mengenai anak yang dilempar orang tuanya tidak hanya satu. Ada seorang ibu yang berteriak minta tolong agar bayinya bisa diselamatkan.

”Jendelanya sudah hancur. Ibu itu hanya memberikan kode bahwa dia akan melemparkan bayinya. Kami tidak bisa mendengarkan apa yang dikatakannya. Karena dia berada di lantai 9 atau 10,” kata saksi mata yang lain.

”Dia benar-benar melemparkan bayi itu dan seorang lelaki menangkapnya,” sambungnya. (BBC/tia/JPK)(dailymail/CNN/BBC/tia/JPK)

Respon Anda?

komentar