Pembangunan Power House Sudah 90 Persen

batampos.co.id – Kabupaten Karimun, menerima bantuan mesin sebanyak 23 unit dari PLN Pusat untuk lima wilayah. Diantaranya, pulau Karimun besar 17 ribu kilowatt, Buru 500 kilowatt, Moro 1000 kilowatt, Pulau Alai 200 Kilowatt dan Durai 1000 kilowatt. Dengan total daya yang dihasilkan mencapai 19,7 Megawatt.

”Kabupaten Karimun mendapatkan tambahan mesin PLTD 23 unit, masing-masing mesin ada yang berkapasitas 200 KW dan 500 KW,” Kepala PT PLN Ranting Tanjungbalai Karimun Fauzar Zain, Kamis (15/6).

Namun, 23 unit mesin PLTD tersebut belum mendapatkan informasi kapan tiba di Karimun. Dan saat ini, pihaknya sedang mengerjakan power house atau rumah mesin beserta asesoris dan panel-panel yang sudah mencapai 90 persen pengerjaannya. Sehingga, ketika tiba mesin tinggal langsung dipasang dan segera di operasikan kepada pelanggan yang ada disana.

”Kalau kami wilayahnya pulau Karimun dan Buru saja. Sedangkan, Pulau Moro, Alai dan Durai dipegang oleh wilayah PLN Kundur,” jawab Fauzar Zain.

Dan hingga saat ini daya listrik yang dimiliki PT (Persero) PLN Ranting Tanjungbalai Karimun mencapai31,8 Megawatt dengan beban puncak rata-rata 25,8 Megawatt termasuk milik PLTU Tanjungsebatak. Apabila sudah terpasang, maka daya listrik di Karimun sendiri akan bertambah menjadi 49,8 Megawatt. Yang artinya, kebutuhan daya listrik untuk beberapa tahun kedepan mencukupi. Seiring dengan perkembangan pembangunan, terutama bagi perumahan dan ruko-ruko yang terus tumbuh.

”Insya Allah, kita untuk pasokan daya listrik masih aman. Kemungkinan ada penambahan daya listrik lagi melalui PLTU swasta yang segera di bangun, sehingga pasokan daya listrik nantinya bisa dipasok ke industri yang ada di Karimun,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM dan ESDM Karimun M Yosli membenarkan, bahwa kabupaten Karimun mendapatkan bantuan dari PLN Pusat. Dan diperkirakan di tahun 2018 mendatang akan dipasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), bantuan dari Pemerintah Pusat.

” Ada 17 titik wilayah yang mendapatkan PLTS nantinya,” singkatnya.(tri)

Respon Anda?

komentar