Rabu, 17 April 2024

PKDP Batam dan APPEP Salurkan Zakat Mal Rp 200 Juta

Berita Terkait

Ketua APPEP Batam Dody Saputra ST (kiri) menyerahkan zakat mal secara simbolis kepada Ketua PKDP Batam Kompol Abu Zanar SH di halaman Masjid Babussalam, Bengkong Indah Bawah, Batam, Kamis (15/6). F. Iman Wachyudi/ Batam Pos

batampos.co.id – Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kota Batam bersama Assosiasi Pengusaha Pedagang Emas Piaman (APPEP) menyalurkan zakat mal kepada 600 Kepala Keluarga yang dipandang berhak menerimanya. Penyaluran zakat tersebut dilaksanakan di halaman Masjid Babussalam, Bengkong Indah Bawah, Batam, Kamis (15/6).

Adapun pembangian zakat mal tersebut dibagi tiga lokasi yakni Masjid Babussalam, Bengkong Indah yang merupakan sekretariat DPD PKDP Batam, yang kedua di sekretariat DPC PKDP Punggur dan yang terakhir di DPC PKDP Batuaji di Kavling Lama.

Ketua PKDP Batam Kompol Abu Zanar SH mengatakan, pendistribusian zakat yang terkumpul dari para pengusaha dan pedagang emas yang tergabung dalam APPEP ini berjumlah Rp 200 juta dan rutin dikeluarkan setiap tahun menjelang lebaran Idul Fitri kepada para warga Batam yang juga berasal dari Pariaman.

Selain itu, zakat juga disalurkan kepada masyarakat kurang mampu yang bermukim di sekitar Masjid Babussalam. “Ini rutin kami lakukan setiap tahun. Tujuanya agar warga Pariaman semakin solid. Penerimanya pun sudah kita seleksi jadi yang benar-benar berhak yang menerima,” katanya.

Abu Zanar juga berterimakasih kepada pengusaha yang tergabung dalam APPEP atas kepeduliannya menyalurkan zakat mal ke warga asal Pariaman yang ada di kota Batam untuk saling berbagi rezeki. Katanya, kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi PKDP Kota Batam bekerjasama dengan APPEP Kota Batam dalam penyaluran zakat mal.

Sementara itu Ketua APPEP Batam Dody Saputra ST yang ditemui usai menyerahkan zakat mal kepada warga mengatakan, zakat yang disalurkan merupakan bentuk kepedulian para pedagang dan pengusaha emas asal Pariaman untuk para warga Batam yang juga berasal dari Pariaman yang kondisi ekonominya masih sulit.

“Semua itu dilakukan demi menjaga silaturahmi dengan warga. Selain itu juga untuk membantu saudara-saudara seperantauan. Kita berharap kedepan akan lahir pengusaha-pengusaha lainnya, tidak hanya pedagang emas saja untuk ikut berpartisipasi namun pengusaha-pengusaha lainnya yang berasal dari Pariaman agar kegiatan ini terus berkelanjutan dan lebih banyak lagi yang mengeluarkan zakat,” ujarnya.

Dody berharap pembagian zakat mal yang juga dirangkaikan dengan kegiatan buka puasa bersama ini dapat membantu warga Pariaman dan masyarakat sekitar lingkungan Masjid Babussalam.

Selain dihadiri Ketua PKDP Batam Kompol Abu Zanar SH dan Ketua APPEP Batam Dody Saputra ST, acara ini juga dihadiri sejumlah pengurus Generasi Muda Pariaman (Gempar) Kota Batam dan para sesepuh dan tokoh Pariaman. (iwa)

Update