Selasa, 19 Maret 2024

Warga Batam, Urus Paspor Jangan Antre Lagi Ya…..

Berita Terkait

batampos.co.id – Kenapa kok urus paspor gak perlu antre lagi?

Pasalnya, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam akan menerapkan antrian paspor melalui aplikasi pesan WhatsApp, mulai Senin (19/6).

Hal ini untuk menjawab keluhan masyarakat di Batam, terkait dengan antrian manual yang dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggungjawab.

“Saya sudah perintahkan Kabid terkait masalah paspor untuk membuat inovasi pelayanan dan alhamdulillah, kita akan melakukan ujicoba mulai Senin (19/6) antrian via WA,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I khusus Batam, Teguh Prayitno, Jumat (16/6).

Ia mengatakan bila uji coba berhasil, maka tidak akan ada lagi antrian konvensional. Tetapi melalui aplikasi Whatsapp, yang diyakini hampir semua masyarakat memilikinya.

“Kami yakin ini akan memecahkan masalah yang selama ini berkembang di media-media sosial terkait antrian yang katanya harus datang dini hari. Serta banyaknya calo antrian yang menawarkan jasanya hingga dugaan penjualan nomor antrian” tuturnya .

Kepala Bidang Lalintuskim Feddy M.P, menambahkan layanan ini berlaku bagi semua pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam,  kecuali untuk pengurusan penggantian paspor hilang, rusak atau ada perubahan data.

Feddy menjelaskan cara kerja sistem ini yakni pemohon mengirimkan pesan via Whatsapp ke nomor 0822 8886 2017 atau 0822 8882 2017 pada jam pelayanan yaitu pukul 07.30-10.00

“Pesan itu formatnya NAMA#TGL.LAHIR#ALAMAT + FOTO EKTP. Nanti sistem akan mengirimkan balasan mengenai nomor antrian, waktu serta dokumen apa saja yang harus dibawa,” ujar Feddy.

Setelah mendapatkan jawaban, pemohon datang ke Kantor Imigrasi 30 menit sebelum waktu yang ditentukan. Dengan memperlihatkan pesan jawaban yang telah diberikan kepada petugas keamanan.

Setelah itu menuju ke loket Pra Permohonan untuk dicek kelengkapan dokumennya. Pemohon diberikan formulir dan menunggu untuk proses wawancara.

Feddy meyakini proses ini sangat mudah dan cepat tanpa harus datang pada dini hari atau mengantri lama diluar kantor imigrasi BAM. Sistem diyakini bebas dari calo.

Bagaiman untuk yang sakit? Feddy menjelaskan untuk yang sakit atau lansia bisa datang langsung dan akan langsung di layani.

“Layanan ini adalah yang pertama di Indonesia dan untuk pendaftaran perdana dapat dilakukan pada hari Minggu, 18 Juni 2017, pukul 10.00 s/d 12.00wib,” ujar Feddy.

Ia meminta kepada masyarakat agar mengikuti jam pelayanan yang telah ditentukan agar dapat dilayani. (ska)

Update