Dodi: Tingkatkan Profesionalitas di Bidang Peranjauan

149
Dansatran Koarmabar Letkol Laut (P) Dodi Agus Prasetyo menyerahkan potongan tumpeng ke anggota termuda pada puncak acara HUT ke-21 Satran Koarmabar di Tanjunguban, Sabtu (17/6).

batampos.co.id – Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmabar genap berusia 21 tahun. Sebagai puncak acara, pada Sabtu (17/6) lalu di Tanjunguban digelar buka puasa bersama keluarga dari prajurit serta keluarga mantan prajurit yang telah gugur.

Dalam kesempatan itu Komandan Satran Koarmabar Letkol Laut (P) Dodi Agus Prasety mengingatkan kepada seluruh prajurit Satran Koarmabar untuk terus meningkatkan profesionalisme di bidang keranjauan. “Bila mana sewaktu-waktu diperlukan, prajurit Satran Koarmabar siap,” tegasnya.

Di Kepri, mantan Kapten KRI Pulau Ruas 722 tersebut menyebutkan, setidaknya ada dua satuan kapal. Selain Satran Koarmabar terdapat satuan kapal cepat. Tugas dari Satran Koarmabar dijelaskan, adalah membersihkan sisa-sisa ranjau peninggalan Perang Dunia ke-2 di wilayah Armada Barat.

“Satran juga sebagai satuan terdepan pembersih area sebelum peperangan dimulai,” sambung pria yang aral melintang dinas
di Koarmatim.

Untuk meningkatkan profesionalisme, Dodi mengatakan, prajurit Satran Koarmabar kerap melakukan latihan bersama dengan satuan kapal ranjau dari Singapura. “Dalam waktu dekat ini, kita latihan bersama Singapura, latihan Joint Minex,” sebut pria asal Kota Pahlawan ini.

Setahun kemudian Satran Koarmabar akan melibatkan diri pada latihan bersama komunitas satuan ranjau dari berbagai negara. “Jadi setiap tahun kita selalu ada latihan bersama dengan negara luar,” sebutnya.

Ke depan, Satran Koarmabar akan eksis melakukan pembersihan ranjau-ranjau yang masih aktif di perairan Indonesia khususnya bagian armada barat.

“Ranjau tidak ada matinya, tahan lama dan suatu waktu bisa meledak. Karena itu, Satran Koarmabar komit untuk meningkatkan profesionalisme di bidang keranjauan,” tukasnya.

Selain buka puasa bersama, acara itu juga diserahkan potongan tumpang kepada prajurit termuda dan penyerahan hadiah dalam rangkaian lomba memperingati HUT ke 21 Satran Koarmabar. (cr21)

Respon Anda?

komentar