Sabtu, 20 April 2024

Kebakaran Hebat, 62 Nyawa Melayang

Berita Terkait

Tim petugas pemadam kebakaran berusaha menjinakkan api yang melalap kawasan hutan di Bouca, Portugal, kemarin. (RAFAEL MARCHANTE/REUTERS)

 

batampos.co.id – Kebakaran hutan di Pedrogao Grande, Portugal merenggut 62 nyawa. Hingga tadi malam WIB (18/6), api masih berkobar di area yang masuk wilayah tengah Portugal tersebut.

”Sepertinya, ini adalah tragedi kebakaran terbesar di negeri ini,” kata Costa dalam jumpa pers.

Perdana Menteri (PM) Antonio Costa mendeklarasikan tiga hari berkabung nasional.

Sampai Selasa besok (20/6), bendera kebangsaan Portugal masih berkibar setengah tiang. Dari hutan Pedrogao Grande di Distrik Leiria, api menjalar dengan sangat cepat ke Figueiro do Vinhos dan Castanheira de Pera. Hanya dalam 24 jam bukit pinus dan eucalyptus di sana berubah menjadi lautan api.

Asap membubung ke angkasa dan menyelimuti area yang sangat luas di sisi kanan dan kiri jalan raya nasional. Sampai radius 20 kilometer, asap masih menutupi pandangan mata. Padahal, pemerintah sudah mengerahkan 900 personel pemadam kebakaran dan 300 unit mobil.

”Empat petugas pemadam kebakaran harus dilarikan ke rumah sakit dan kini kritis,” ujar Menteri Dalam Negeri Jorge Gomes.

Dari 62 korban tewas, sebagian adalah para pengguna jalan. Mereka sedang melintas di jalan raya ketika hutan di sisi kanan dan kiri terbakar hebat. Sebagian besar tewas terpanggang di dalam mobil yang hangus terbakar.

”Saya tidak bisa mengatakan apakah mereka menjadi korban saat hendak melarikan diri dari api atau justru terjebak saat melintas,” terangnya.

Selain menewaskan 62 orang, kebakaran itu mengakibatkan sedikitnya 50 orang terluka. Lima di antaranya sedang kritis.

”Jumlah korban tewas masih sangat mungkin bertambah. Fokus kami saat ini adalah mengevakuasi mereka yang masih bisa diselamatkan,” ungkap Costa.

Wali Kota Valdemar Alves menyampaikan bahwa api membesar dengan sangat cepat.

”Tiba-tiba saja seluruh area itu terkepung api. Kami kekurangan petugas pemadam kebakaran. Saya shock mengetahui banyaknya korban jiwa,” ucapnya dalam wawancara dengan TVI.

Kemarin beberapa negara menawarkan bantuan untuk membantu Portugal memadamkan api di hutan tersebut. Prancis dan Spanyol telah mengirimkan beberapa pesawat pemadam kebakaran. Sementara itu, Inggris menerbitkan travel warning untuk seluruh warganya yang berada di Portugal agar menjauh dari lokasi kebakaran. (AFP/Reuters/BBC/CNN/hep/c16/any)

Update